Belajar Tiada Henti

Pembekalan Implementasi Kurikulum Merdeka

Setelah mengikuti pembekalan secara daring selama 4 hari, selain tugas presentasi, dan lain-lain maka tugas akhirnya adalah pembuatan video. Video ini berisi implementasi praktik baik yang telah dilaksanakan oleh Guru.

Mengajar informatika merupakan tantangan tersendiri buat saya. Pertama, informatika adalah mata pelajaran baru. Informatika bukan TIK. TIK adalah salah satu bagian dari Informatika. Di dalam informatika masih ada materi lainnya seperti Sistem Komputer, Dampak Sosial Informatika, Algoritma Pemrograman, Analisis Data, dan JKI.

Kedua, sarana dan prasarana juga merupakan satu hal yang harus bisa disiasati. Selain, bagaimana meramu 8 dimensi yang ada di dalam mata pelajaran informatika ini agar menjadi mudah dipahami oleh siswa. Mirip pertama kali saya mengajar PKWU, saya perlu banyak mengumpulkan bahan referensi dan membaca. Jadi, setelah beberapa kali pertemuan (dan nyaris di pertemuan akhir) saya memutuskan untuk mengikuti saran bu Rosa dan bu Inge (saran yang saya peroleh pada saat mengikuti Kurasi Perangkat Ajar) untuk mengemas materi dalam bentuk mini proyek. Memang belum sempurna dan barangkali juga belum patut dikatakan mini projek (saya masih trial and error) saya berusaha menerapkan mini proyek ini sebagai penguatan pemahaman konsep dari 4 dimensi yang telah saya ajarkan. Saya tidak tahu apakah langkah ini cukup efektif, tetapi saya berharap cara ini sedikitnya dapat membantu mereka.

Jadi, inilah yang saya lakukan. Semoga bermanfaat untuk Bapak Ibu Guru Informatika.

https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/24072?from=share

Tidak ada yang tidak bisa selama kita terus belajar, ya kan? 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.