Modul Ajar Informatika Semester Genap

Mencuri waktu di sela keriuhan tesis dan menyiapkan paper yang harus disubmit (yang bahkan belum dibikin.. duh :(, marilah kita menuliskan kerangka ajar semester genap buat materi ajar kepada siswa. Semester genap sudah berjalan beberapa minggu, gambaran materi udah ada di benak sih tapi kalau nggak ditulis khawatir di tengah jalan ini mau kemana ya arahnya? wkwkwkwk. Ok.

Kira-kira seperti ini formatnya. Agak jauh berbeda dengan yang ada di buku teks. Namun, konon, kurikulum prototipe itu salah satu karakteristiknya adalah memberikan fleksibilitas bagi guru. Mengutip Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito (Nasional, 2022) mengungkapkan bahwa, “Guru, dalam hal ini, dapat mengajar suatu hal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh si murid. “Fleksibilitas bagi guru, dimaksudkan untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.”

Tetapi, ini nggak boleh sebenarnya. Mustinya sih di semester awal kemarin saya menyiapkan modul transisi. Modul ini dirancang untuk siswa kita yang belum pernah belajar tik atau informatika. Modul transisi bisa diambil dari Capaian Pembelajaran fase D (SMP, kelas 7,8, dan 9) dan ditambahkan materi dari elemen fase E. Namun karena semester ganjil sudah berjalan dan harus mengadopsi kurikulum Sekolah Penggerak (saat itu) maka ya tak apa-apa lah. Perbaikan masih terus dilakukan dan memang it takes time ya untuk beradaptasi dengan kurikulum baru ini. Tapi, konon itulah yang membuat homo sapiens survive di bumi, karena mereka bisa beradaptasi ;-).

Di semester genap ini, saya memilih menyatukan beberapa materi/bab (yang kemungkinan bisa berubah sambil berjalan) yang relevan ke dalam projek pembuatan web (Praktik Lintas Bidang). Pilihan ini menyesuaikan dengan tema projek ke-3 sekolah yaitu Kewirausahaan (Aturan baru projek tidak berkaitan dengan materi yang diampu, tetapi relevan dengan Profil Pelajar Pancasila). Pada akhir projek kewirausahaan setiap kelompok akan membuat web company profile yang berisi tahapan-tahapan produk yang mereka buat, dari perancangan sampai produk akhir. Bisa juga disebut semacam jurnal digital yang mencatat kegiatan mereka. Sebagai gambaran hasil akhir projek kira-kira seperti ini (contoh karya siswa 2 tahun lalu). Untuk detil lengkapnya bisa dilihat di blog saya yang ini ya.

Di materi informatikanya sendiri, saya memilih bab-bab berikut ini yang akan diajarkan selama semester genap. Draft kasar dulu ya, harus balik ngurusi tesis dulu :). Doakan semoga tesis saya lancar ya teman-teman. Aamiin.

Referensi:

Nasional, 2022. Ini 3 Karakteristik Utama Kurikulum Prototipe yang Perlu Guru Ketahui. https://nasional.tempo.co/read/1545454/ini-3-karakteristik-utama-kurikulum-prototipe-yang-perlu-guru-ketahui/full&view=ok. [28 Januari 2022].

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.