Belajar Tiada Henti

Modul Ajar Informatika Sekolah Penggerak

Alhamdulillah, sekolah tempat saya bertugas terpilih menjadi sekolah penggerak. Kurang lebih selama 10 hari tim Komite Sekolah Penggerak yang diutus dari sekolah mengikuti pelatihan Sekolah Penggerak. Lumayan juga rasanya… hehe. Dan, finalnya adalah tahun ajaran baru ini sekolah kami mulai menerapkan kurikulum Sekolah Penggerak untuk kelas X. Bagaimana menerapkan kurikulum ini? Tentu banyak kebingungan tetapi kami harus belajar, bukan?

Nah, saya sendiri tahun ajaran baru ini mengampu kembali mata pelajaran informatika. Background pendidikan saya memang bukan dari IT tetapi saya menyukai bidang ini :). Saya akan berbagi dengan kawan-kawan yang barangkali sekolahnya juga mulai menerapkan kurikulum SP.

Di sekolah saya sendiri telah menetapkan bahwa ada 3 projek yang akan dikerjakan siswa, dengan pembagian triwulan 1 projek Kearifan Lokal, triwulan ke-2 projek Pemanasan Global dan semester genap projek Kewirausahaan. Projek ini menurut berita terakhir harus merangkum 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila. Idealnya kalau bisa berkaitan dengan beberapa matpel (integrasi) akan lebih baik. Tetapi kalau tidak bisa pun, jangan dipaksakan. Saya percaya setelah kita terbiasa dengan model kurikulum ini insya Allah harapan itu bisa tercapai.

Lanjut ke matpel Informatika. Bagaimana membuat modul ajarnya? Di buku guru Informatika sebenarnya telah diberi panduan, yang menurut saya cukup detail dan jelas. Namun, memang harus dibaca dan dicerna baik-baik. Sesuai panduan, kita bisa merancang format Rencana Pembelajaran selama 1 tahun dengan pembagian semester 1 dan semester 2. Seperti yang telah kita ketahui ada 6 elemen dari matpel informatika, yaitu BK, TIK, SK, JKI, AD, AP, DSI, dan PLB. Di buku ada contoh membuat format Rencana Pembelajaran. Rekan-rekan bisa memilih elemen dan topik yang ingin diajarkan selama 1 semester. Mau mengikuti contoh yang diberikan juga monggo :). Mau merancang sendiri juga direkomendasikan.

Untuk Capaian Pembelajaran setiap elemen sudah ada. Demikian pun tujuan pembelajaran (disarankan membuat sendiri, tetapi pemerintah juga telah menyediakan contoh TP untuk membantu Guru). Pertanyaan pemantik serta apersepsi tersedia di buku. Kegiatan pembelajaran setiap pertemuan juga sudah dipaparkan secara lengkap. Namun sekali lagi, kalau ingin membuat sendiri sangat disarankan. Bapak Ibu bisa mem-break down nya sendiri dan memilah materi yang mana yang ingin diajarkan terlebih dahulu. Dan tinggal melengkapi dengan informasi atau data lain yang Bapak Ibu ingin sisipkan. Apa yang ada di buku panduan guru juga bisa Ibu Bapak terapkan secara langsung untuk memperoleh gambaran terlebih dahulu dan jika sudah memahami polanya pasti Bapak Ibu akan lebih senang memodifikasinya sendiri.

Saya pribadi lebih menyukai kurikulum ini, karena memang terasa kedinamisannya untuk Guru berimprovisasi. Semangat untuk rekan guru. Ini saya sisipkan contoh format Rencana Pembelajaran versi saya ya. Semoga bermanfaat 😉

update: semester 1 belum selesai ya. Ini baru rancangan untuk triwulan ke-1.

Update:

Bapak Ibu yang membutuhkan file modul ajar informatika Sekolah Penggerak, silakan lihat di postingan saya dengan judul Modul Ajar Sekolah Penggerak Jilid 2 ya. Atau versi lengkap dan final bisa diunduh di sini. Versi lainnya (modul ajar per-TP) bisa dilihat di sini.

23 Comments

  1. Muhammad Najib

    Bisa dong berbagi filnya ini Modul Ajar Informatika Sekolah Penggerak ?

    Reply
  2. hanisah

    blh dwonload modulnya

    Reply
  3. mualiminsman1

    apakah diperbolehkan minta file ini untuk referensi kami.
    Trimakasih

    Reply
  4. mualiminsman1m

    Apakah diperbolehkan kami minta file modul ajar ini, untuk referensi kami. trimakasih

    Reply
  5. fajar sidik

    pak bisa di share filenya…untuk referensi,,,saya guru baru masuk juni sekarang sudah langsung ikut sekolah penggerak otomatis blank sama sekali pak

    Reply
  6. Hamiruddin

    Bisa download file sebagai referensi semoga bisa berbagi pak

    Reply
    1. admin (Post author)

      Silakan dilihat di postingan yang baru Pak. Ada di sana.

      Reply
      1. Dewy

        Dimana post terbarunya pak?

        Reply
        1. admin (Post author)

          Di halaman ini juga ada. Silakan lihat di kolom Update.

          Reply
          1. pras

            untuk semester genapnyan apakah juga ada bu?

  7. erna

    Masya Allah ibu sangat membantu sekali.terima kasih share ilmunya.Maaf sebelumnya ibu, saya liat di modul ajar ada materi dari power point. jika ibu berkenan apakah bisa di share materinya bu?

    Reply
  8. Nining

    Adakah modul yg untuk kelas 7

    Reply
  9. aris

    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas sharing file nya. pasti sangat bermanfaat sekali bagi sekolah kami, karena memang masih bingung untuk penyusunan modul ajar Kurikulum Paradigma Baru ini. Selanjutnya, yang saya harapkan adalah adanya modul ajar informatika untuk semester genap, karena file tersebut hanya ada semester gasal.

    kami ucapkan terima kasih banyak atas file nya.

    Reply
  10. asman

    makasih..atas bantuan modul ajar informatika yang kita kirim

    Reply
  11. Dicky Prayoga

    Kak Untuk Modul Ajar TIK jenjang SD apakah ada ya ? Terimakasih

    Reply
    1. admin (Post author)

      Ada di halaman ini mas. Coba search di halaman Erlangga. Tetapi itu untuk yang menggunakan buku terbitan Erlangga.

      Reply
      1. laif

        Boleh berbagi file modul ajar informatika fase_e

        Reply
  12. Agnes

    Terima kasih atas berbaginya
    salam bergerak tergerak dan menggerakkan

    Reply
  13. wican

    saya sudah beli buku terbitan erlangga yang fase A tapi tak ada modul ajar nya

    Reply
    1. admin (Post author)

      Nanti saya kirim by email ya. Modul ajarnya terpisah, bisa rikues juga ke sales Erlangga.

      Reply
    2. admin (Post author)

      Oya, untuk kelas berapa ya? Dan email bapak/ibu silakan dicantumkan. Terima kasih.

      Reply
      1. Andhika

        saya juga sudah beli buku erlangga kelas 4 dan 5 kurmer. bolehkah dikirim modul ajarnya ke andhika.asia@gmail.com
        Terima Kasih

        Reply
        1. admin (Post author)

          Baik. Ditunggu ya Pak.

          Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.