Belajar Tiada Henti

Perlukah Kita Sekolah?

“Success requires life long learning”

Siapa yang tak mengenal Larry Page, Steve Jobs, Bill Gates? Apa kesamaan diantara mereka? Sukses, terkenal, dan sama-sama DO dari sebuah universitas. Murid-murid saya seringkali menjadikan mereka sebagai alasan untuk tidak perlu belajar. Saya seringkali mendapat pertanyaan anak-anak, seperti untuk apa sih kita sekolah? Banyak kok orang terkenal dan sukses yang DO dari sekolahnya dstnya. Sekolah nggak penting dan lain-lain. Baik, saya mengangguk-angguk mendengarkan 🙂

Sebagai informasi saya tambahkan, Larry Page DO dari S3 Stanford University, Steve Jobs DO dari Reed College, Mark Zuckerberg DO dari Harvard University, Bill Gates DO dari Harvard University. Bill Gates DO dari Harvard karena ia memiliki 2 ambisi. Pertama, ia harus menjadi nomor satu di bidang akademis. Kalau tidak berhasil, maka ia harus menjadi nomor satu di bisnis. Dan ketika nilainya berbeda tipis dengan kawannya, ia banting setir dan memutuskan menekuni dunia bisnis. Saya lampirkan juga ya video Ellon Musk yang ini :). Apakah saya ingin memprovokasi bahwa sekolah tidak perlu? Nah, mari menyimak tulisan ini lebih lanjut. Inilah jawaban saya untuk murid-murid saya.

Coba dicatat, mereka DO dari kampus-kampus ternama. Mereka adalah pembelajar mandiri, yang tanpa sekolah pun mereka haus untuk selalu belajar. Dan coba catat interview dengan Elon Musk, dia bilang, i read a lot. I always talk to smart people. Saya kembalikan lagi pertanyaan ini ke anak-anak, apakah dua hal ini, (membaca dan berdiskusi dengan orang-orang pintar. Berdiskusi ilmu pengetahuan tentu saja ya) sudah menjadi kebiasaan dan hal yang kalian sukai? Coba baca biografi tokoh-tokoh sukses ini agar kita tahu latar belakang mereka DO dari kampus. Karena, kalau hanya sepotong informasi yang kita peroleh maka kita bisa salah menafsirkan dan itu bisa berbahaya dan merugikan diri sendiri. Selalu lah mencerna informasi yang kamu peroleh, ini termasuk melatih keterampilan berpikir kritis loh.

Mari kita perhatikan grafik Distribusi Normal.

sumber: https://towardsdatascience.com/understanding-the-68-95-99-7-rule-for-a-normal-distribution-b7b7cbf760c2

Elon Musk, Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg dan tokoh sukses lainnya adalah mereka yang berada di area hijau (sisi kanan). Orang-orang di area warna hijau ini kalau harus duduk di sekolah barangkali malah membuat masalah karena energi dan antusiasme mereka untuk belajar tak terpuaskan. Mereka akan lebih sukses jika berada di luar sekolah. Tetapi, sebagain besar dari kita berada di area warna merah. Kita perlu dilatih dan perlu dibimbing.

Jadi, nak, boleh nggak kalau aku nggak sekolah? Ya, boleh-boleh aja, kamu boleh tidak ke sekolah, tetapi kamu harus belajar. Kamu harus selalu memiliki antuasiasme tinggi untuk belajar. Dan, sekarang ini, kamu bisa belajar dari manapun. Sumber belajar berserakan di internet. Sekali lagi, untuk menjadi seorang yang sukses, kamu harus READ A LOT, TALK TO SMART PEOPLE, DISCIPLINE, and had perseverance. Jangan lupa berdoa juga tentunya.

Semoga kalian bisa menangkap pesan Ibu ya. Selamat tahun ajaran baru. Mari memasuki cakrawala ilmu pengetahuan dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan penuh antusiasme belajar. Siap, nak? Siap donk yaa 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.