Proyek 1: Micro:bit dan Scratch

Sebenarnya sudah lama mendengar tentang micro:bit, tetapi mungkin karena nggak ada sesuatu yang ‘memaksa’ rasa keingintahuan maka biasa aja :). Nah, momen penasaran tiba karena ya tiba-tiba pengin coba aja… hehe. Dan, gayung bersambut karena ternyata suami punya si mikro:bit ini. Dia beli versi pertamanya dari BBC Micro:bit sekitar tahun 2015. Untuk harga micro:bit saat itu kalau dikurs ke rupiah sekitar 100 (nggak lebih dari 200K). Sekarang, micro:bit bisa dibeli melalui marketplace seperti tokopedia, dan lain-lain. Kisaran harga 200-400K. Untuk kabel power saya menggunakan kabel yang biasa dipakai untuk sambungan ponsel ke laptop. Dan, tentu saja program Scratch. Yuk, kita mulai.

Projek 1: Button

Alat: Micro:bit, kabel sambungan ponsel ke laptop, program Scratch (situs).

Langkah-langkah:

  1. Sambungkan kabel dari microbit ke laptop.
  2. Agar microbit dapat berkomunikasi dengan Scratch, masuk ke laman berikut, di sini. Ikuti saja langkah-langkah yang disarankan di sana.
  3. Berikutnya, mulai membuat programnya.
  4. Ini adalah video hasil percobaan membuat program pertama dengan Micro:bit.
  5. Kalau pakai baterai, bisa lebih leluasa. Kita bisa membuat robot atapun projek sederhana lainnya. Ada banyak video menarik untuk membuat projek-projek menggunakan Micro:bit di internet.
  6. Selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.