Belajar Tiada Henti

Design Thinking

Buat rekan-rekan Guru yang ingin mengenal metode Design thinking, di bawah ini saya berikan beberapa literatur yang barangkali bisa membantu.

  1. Business Model Generations. Alexander Osterwalder & Yves Pigneur
  2. Startupreneur, Menjadi Entrepreneur Startup. Hendry E. Ramdhan
  3. Aku Bisa. Tim Noura Books & Taman Gagasan Anak.

Pendekatan design thinking ini konon juga dijadikan alternatif untuk model pembelajaran STEM. Saya sendiri menggunakan pendekatan design thinking dalam mata pelajaran PKWU (Prakarya dan Kewirausahaan) di jenjang SMA. Beberapa penerapan design thinking untuk matpel PKWU bisa dilihat di blog saya lainnya di sini.

Saya juga menyisipkan penerapan design thinking dan design for change di buku Informatika SD yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga, tahun terbit 2019. Design for change ini digagas oleh Kiran Bir Sethi yang terinspirasi dari pendekatan design thinking. Tahapan design thinking direlokasi sehingga dapat dijalankan oleh anak-anak usia sekolah. Mengenai metode design for change, saya pernah membuat reviewnya dari buku Aku Bisa, di sini.

Berikut adalah salah satu contoh penerapan design thinking dari buku Informatika SD.

Mengapa sih Design Thinking menjadi teknik mengajar efektif? Karena tahapan yang ada di dalam design thinking dapat melatih siswa untuk dapat memiliki kecakapan kerja, keterampilan abad 21, dan kecakapan sosial serta emosional yang dapat mempersiapkan mereka untuk hidup bermasyarakat.

Nah, kebetulan saya menemukan artikel menarik dari ig sekolah.mu perihal teknik mengajar efektif, dan salah satunya adalah design thinking.

Penasaran? Yuk, dibaca ya 🙂

Design thinking adalah salah satu teknik yang saya gunakan ketika mengajar. Design thinking dapat diaplikasikan ke semua mata pelajaran bahkan di dalam penyelesaian masalah yang ada di kehidupan kita sehari-hari. Design thinking tidak hanya melatih anak untuk menjadi seorang problem solver, namun juga kreatif, peka, inovatif dan mengembangkan kemampuan literasi siswa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.