Belajar Tiada Henti

Budapest

Dari Zurich, kami mampir semalam di Budapest. Budapest adalah ibu kota dan kota terbesar di Hongaria. Negeri ini memiliki sejarah yang menarik. Dikutip dari wikipedia, Budapest awalnya adalah dua kota yang dipisahkan oleh sungai yang lebar. Nama sungai itu adalah sungai Danube. Nama dua kota tersebut adalah Buda dan Pest. Setelah dibangun jembatan menjadi satu kota yang disebut Budapest 🙂 (ini beneran loh). Mengutip dari wikipedia, “kawasan ini memulai lembaran baru sebagai kawasan yang sejahtera, dan Budapest menjadi  kota global setelah disatukannya kota Buda di tepi barat sungai Donau (Danube) dengan kota Pest di tepi timur pada tanggal 17 November 1873. Budapest menjadi ibu kota kekaisaran Austria-Hongaria setelah ditetapkannya Kompromi Austria-Hongaria pada tahun 1867 dan menjadi kekuatan besar yang akhirnya bubar pada tahun 1918 akibat kekalahannya dalam Perang Dunia I.

Tak banyak yang dilihat, tapi kami sempatkan mencoba jalur metro tertua kedua di dunia setelah Inggris, yaitu Jalur Kereta Api Bawah Tanah Milenium (MRT pertama di Eropa), dengan nama jalurnya M1. Bentuknya yang klasik disertai pelayanan model kuno memberi pengalaman yang berbeda tidak hanya kepada masyarakat setempat namun terutama turis atau wisatawan asing. Menakjubkan aja rasanya, seperti berada di lorong waktu di masa lampau :).

Kami juga berfoto sejenak di beberapa tempat menarik seperti gedung parlemen yang berada di tepi sungai Danube dan alun-alun Pahlawan Hosok Tere. Banyak wisatawan menikmati suasana malam dengan duduk-duduk memandangi pemandangan gedung parlemen bertabur cahaya lampu, atau menikmati perjalanan dengan perahu untuk menghabiskan malam di kota yang disebut sebagai salah satu kota paling indah di Eropa.

Selanjutnya, dari Budapest kami terbang menuju Finlandia dengan pesawat baling-baling… hehehe :). Transit dahulu di Riga dan menyambung kembali. Perjalanan kurang lebih ditempuh dalam waktu 2.5 jam.

Gedung Parlemen di tepi sungai Danube
Gedung Parlemen di saat siang hari
Ticket box di M1
MRT pertama di Eropa, stasiun Hosok Tere
M1 dengan pelayanan tempo dulu

Hősök tere merupakan salah satu alun-alun utama di Budapest, Hongaria, yang kaya akan konotasi historis dan politis. Kompleks patung ikoniknya, yaitu Memorial Millenium, selesai dibangun pada tahun 1900. Pada tahun yang sama, alun-alun ini dinamai “Alun-alun Pahlawan.” Tempat ini berada di ujung Andrássy út dan bersebelahan dengan Taman Kota. (sumber dari sini)

Jembatan pemersatu dua kota, Buda dan Pest
Transit dulu di bandara Riga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.