Membuat Homepage Statis

Sabtu kemarin saya mengikuti training . Ini adalah training rutin yang diadakan oleh lembaga tempat saya bekerja. Kali ini materi yang disajikan mengenai Internet. Tepatnya, membuat homepage dengan program Microsoft Frontpage, sampai proses upload ke internet. Mengapa bukan blog? Bukankah sekarang sudah jamannya web2.0? Yup, Kalau saya yang ditanya seperti itu maka inilah jawaban sederhananya. Karena kami, para instruktur, harus mengenalkan dasar pembuatan situs sederhana dengan menggunakan notepad (untuk HTML) dan frontpage, untuk sekolah dasar dan menengah pertama. Saya sendiri tidak keberatan, karena berdasarkan pengalaman pribadi, saya merasakan manfaatnya belajar HTML, terutama untuk mengedit dan mengubah settingan di blog ini.

Apa yang saya dapat? Tentu banyak. Selain itu saya jadi mengenang pertama kali saya membuat homepage di geocities (tahun berapa itu ya? 1996 kalau tidak salah). Di training kemarin saya belajar mendaftar webhosting di sini. Berhasil. Ketika mencoba untuk meng-upload beberapa kali gagal. Ternyata setelah diperhatikan, pada waktu yang sama si presenter pun sedang melakukan proses upload. Setelah dia selesai, baru saya berhasil transfer. Oh, mungkin memang harus gantian kali ya?

At last, homework. Yah, kami semua harus membuat web. Harus ada sisipan gambar (gambar buatan sendiri, dari corel dan editing foto dari photoshop), dan juga animasi. Sebagai portofolio keberhasilan guru itu dalam menangkap materi yang diajarkan..hehehe. Trus, dimana alamat web saya? Ada donk di …., nanti ajalah dilaunchingnya kalau sudah ada isi-nya. Sampai jumpa di training bulan depan, apa topiknya? Troubleshooting. *glek*

Buat Banu, thanks ya, materinya bermanfaat sekali. Berminat nge-blog? Sok atuh, bikin, nanti kalo dah jadi aku dikabari ya?:)

8 thoughts on “Membuat Homepage Statis

  1. Yup, belajar html memang sangat penting, karena walaupun blog sangat instan dan mudah, tetapi untk memodifikasinya tetap membutuhkan dasar html.

    Wassalam

  2. Saya tertarik dengan keberhasilan bapak, aku ingin mengikutinya. tolong aku dikirim modul pembuatan situs sederhana yang pernah bapak pelajari

  3. DHS dan Hardi:
    Bapak-bapak, saya perempuan lho :). Modul? Nanti saya coba buat rangkumannya dulu ya.
    Helvi:
    Yup, that’s right.

  4. kalau udah beres rangkumannya, boleh di share juga ke aku ya Teh, bener lho ditunggu ya…
    terima kasih sebelumnya.

  5. Aceng:
    Insya Allah. Nanti aku taruh di halaman files aja ya, jadi siapapun boleh meng-unduhnya, kalau mau 🙂

  6. Menarik sekali tuh, cepetan dong dibuat modulnya ya biar murid2ku nanti jadi anak yang brilian

  7. Iya nih Pak. Lagi agak sibuk ;-), murid-murid sedang UAS dan midtest. Mudah-mudahan segera selesai rangkumannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *