Perangkat Ajar Informatika KurMer

Tahun ajaran baru ini saya mengampu mapel Informatika untuk semua kelas X, yang artinya saya mengajar 8 kelas. Tahun ini saya tidak mengajar PKWU. Untuk mapel informatika saya masih mencari tahu format yang sesuai untuk siswa saya. Namun karena perangkat ajar tetap harus dibuat maka baiklah yuk kita bikin :). Saya akan membagikan perangkat ajar Informatika yang saya susun merujuk dari buku teks kementerian. Jadi, tentu saja modul ajarnya berdasarkan buku teks informatika dari kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi ya. Untuk buku teks informatika tersebut dapat diunduh di laman SIBI di sini.

Saya simpan di sini supaya mudah diakses kapanpun dan dimanapun jika sewaktu-waktu membutuhkan. Perangkat fisiknya sih sudah dikumpulkan di sekolah :).

Modul ajar, sama seperti ketika saya membuat RPP dulu, menjadi panduan ketika mengajar. Saya biasanya bikin coretan di RPP. Tujuannya buat catatan saja sampai dimana materi bisa tersampaikan dan apa yang harus diperbaiki. Kalau sekarang saya ketik catatan itu di note di smartphone atau di kertas coret-coretan atau di blog :). Catatan itu bisa menjadi perbaikan untuk saya mengajar di tahun berikutnya. Langkah ini bisa membantu saya juga ketika menulis buku teks. Itu sebabnya saya lebih suka membuat perangkat ajar sendiri.

Modul ajar ini sepenuhnya masih mengikuti isi buku teks dari kementerian. Walaupun pada praktiknya, utamanya di semester genap saya melakukan beberapa modifikasi. Modifikasi ini belum tersampaikan di modul ajar. Tapi kalau mau melihat karya siswa saya untuk praktik lintas bidang tahun ajaran lalu bisa mampir ke blog saya yang lain di sini ya.

Berikut perangkat ajar (Prota, Promes, Modul Ajar, ATP) mapel informatika dengan referensi buku dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, buku Informatika SMA Kelas X, Mushthofa dkk. Silakan unduh di sini.

  1. Prota
  2. Prosem
  3. Modul Ajar
  4. ATP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.