Belajar Tiada Henti

Informatika untuk SD Kurikulum Merdeka

Kehadiran Revolusi Industri 5.0 mendorong kian masifnya disrupsi teknologi digital. Teknologi dan sistem digital seperti kecerdasan buatan, komputasi awan, dan IoT dimanfaatkan manusia sebagai alat untuk meningkatkan produktivitas kerja dan aktivitas sehari-hari. Inovasi teknologi digital pun hadir memadukan ruang siber dan ruang fisik dari teknologi digital untuk menyelesaikan permasalahan dan tantangan sosial ekonomi di masyarakat.

Revolusi ini tentunya memiliki pengaruh pada berbagai bidang kehidupan manusia dan salah satu dampak dari keterpaduan teknologi ini adalah potensi peralihan pekerjaan manusia kepada mesin, komputer, dan robot yang makin meningkat produktivitas dan efisiensi kerjanya. Kemampuan pemikiran kritis, pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas akan sangat dibutuhkan dalam persaingan global. Untuk menjawab tantangan tersebut Kurikulum Merdeka hadir melalui mata pelajaran Informatika yang diperuntukkan bagi peserta didik dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Mata pelajaran informatika juga turut berkontribusi untuk mengembangkan Profil Pelajar Pancasila seperti memampukan peserta didik menjadi warga yang bernalar kritis, mandiri, dan kreatif melalui penerapan berpikir komputasional, serta menjadi warga yang berakhlak mulia, berkebinekaan global dan bergotong royong.

Buku informatika Kurikulum Merdeka dari Penerbit Erlangga untuk SD turut hadir membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan teknologi dengan tidak melupakan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan melalui aktivitas di dalam KBM.

Berikut adalah gambaran dari buku informatika kelas 4 KurMer yang sudah terbit. Untuk jenjang kelas berikutnya insya Allah menyusul.


Pada bab Praktik Lintas Bidang siswa belajar mengembangkan kemampuan melihat sebuah masalah dan mencarikan solusinya dengan memanfaatkan keterampilan teknologi yang sudah ia kuasai dan pelajari di bab sebelumnya. Melalui penerapan Proses Desain siswa akan belajar proses dan tahapan mencipta sebuah karya.

Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.