Belajar Tiada Henti

Ezgif

Jadi, ceritanya beberapa kawan sering bertanya kepada saya perihal bagaimana menggunakan classroom atau pun aplikasi lainnya. Melihat hal tersebut saya kemudian memutuskan untuk membuat video tutorial di youtube, awalnya. Namun, sepertinya cara itu kurang efektif. Barangkali, kuota internet atau jaringan yang kurang bagus. Atau mungkin durasi video terlalu panjang. Sementara itu kebutuhan untuk bisa memanfaatkan teknologi sangat mendesak terutama ketika semua orang harus bekerja dan belajar dari rumah di masa pandemi covid. Lalu, saya memutuskan untuk membuat video yang sangat sederhana. Singkat dan tidak perlu mengakses ke halaman lain untuk melihatnya (seperti ke youtube). Video itu harus bisa diunggah ke whatsapp dan bisa diunduh melalui aplikasi pesan singkat seperti whatsapp. Dengan demikian teman-teman Guru dapat menonton secara offline.

Seringnya, video yang sudah dibuat sederhana itu ternyata tetap besar ukurannya. Whatsapp sendiri membatasi file yang boleh diunggah tidak lebih dari 64 M (kalau tidak salah 🙂 ). Akhirnya, googling ke paman Google dan ketemulah ini 🙂

Ezgif adalah layanan online tidak berbayar yang menyediakan berbagai tool seperti membuat dan mengedit animasi GIF, editing dan konversi untuk berbagai format gambar termasuk animasi web, png, mng, dan flif serta editing video dasar lainnya. Tools yang paling populer adalah pembuat gif, konverter video ke GIF dan resizer gambar.

Untuk menggunakan Ezgif sangat mudah. Anda dapat langsung mengaksesnya di sini. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.