Belajar Tiada Henti

Silabus Kelas 1 SD

Rekan guru yang terhormat, saya akan coba mencicil silabus dari mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SD. Dikarenakan kuota bandwith saya yang terbatas maka saya menuliskannya dalam bentuk jurnal di blog. Jika gambar terlalu kecil silakan klik gambar untuk membesarkan.

Silabus ini telah diperbaharui untuk penyempurnaan program pendidikan yang berupa pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dan Metode Belajar Aktif.

Mengutip draft final dari “Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Jakarta, 2010, mengenai bahasan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Nilai, dan Indikator mata Pelajaran bahwa: Setiap Kompetensi Dasar memiliki kemampuan mengembangkan satu atau lebih nilai dan setiap nilai memiliki satu atau lebih indikator. Guru memiliki kebebasan dalam menambah, mengurangi bahkan mengembangkan sendiri indikator yang akan digunakan.”

Mengacu pada kalimat di atas, maka berikut ini saya lampirkan silabus untuk mata pelajaran TIK untuk SD, yang sumbernya saya ambil dari buku TIK SD yang, insya Allah, jika tidak ada halangan direncanakan terbit tahun ajaran baru ini. Saya mencicilnya dengan harapan sebelum tahun ajaran dimulai silabus dan beberapa contoh RPP dapat saya selesaikan. Semoga ini dapat membantu Ibu dan Bapak guru.

Silabus berikut ini seperti juga telah ditegaskan di atas, pengembangan untuk kategori indikator dapat Bapak/Ibu ubah sesuai dengan keinginan Bapak/Ibu sendiri. Jika dirasa ada materi yang terlalu sulit atau sebaliknya silakan Bapak dan Ibu mengubahnya.

Mata Pelajaran: Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas: 1 SD
Tahun Ajaran: 2011-2012

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.