Belajar Tiada Henti

Buku Informatika SD

Alhamdulillah buku Informatika kelas 4 untuk Sekolah Dasar dari Penerbit Erlangga sudah terbit. Proses penulisan buku ini terbilang cukup lama dan sempat mengalami perubahan 4 kali penyusunan kerangka konsep untuk revisi buku TIK SD tahun terbit 2012. Saat ini kelas lainnya sedang dalam proses editing. Doakan semoga lancar ya, teman-teman. Buku ini juga dilengkapi dengan perangkat pembelajaran yang dapat Anda unduh secara gratis di blog ini.

Buku informatika untuk SD ini dilengkapi dengan media digital sebagai sumber belajar, seperti animasi, video, dan audio yang dapat dibaca atau didengarkan dengan cara men-scan atau memindai QR Code yang tersaji di halaman isi buku. QR Code dapat diakses dengan alat pembaca, yaitu Erlangga Reader yang dapat di-download atau diunduh di Play Store.

Oya, jangan membayangkan siswa belajar bahasa pemrograman yang sulit itu ya :). Pemrograman itu seni loh. Sebagai sebuah karya seni maka siswa akan banyak memaksimalkan daya imajinasi dan kreativitasnya untuk menciptakan sesuatu yang baru. Jadi, mari kita bermain-main dan mengenal pemrograman dengan cara yang menyenangkan 🙂

Sebagai gambaran, dalam buku ini ada empat materi penting yang dipelajari oleh siswa, yaitu:
1. Teknologi informasi dan komunikasi, berisi keterampilan digital dasar yang harus dimiliki agar siswa dapat memanfaatkan perangkat TIK dengan baik dan benar.
2. Literasi digital, berisi tema-tema seputar keselamatan dan keterampilan dalam berinternet. Materi ini dimaksudkan agar siswa dapat menggunakan dan memanfaatkan informasi digital dengan baik dan benar.
3. Ilmu komputer, berisi pengetahuan seputar komputer dan kawan-kawannya. Materi ini dipelajari untuk memberikan pemahaman cara kerja komputer dan bagaimana dunia komputer dapat membantu memecahkan berbagai masalah atau pekerjaan manusia.
4. Komputasi, berisi mengenai konsep dasar pemrograman dan bahasa pemrograman. Mempelajari komputasi berguna untuk melatih berpikir runtut dan sistematis di dalam memecahkan sebuah masalah.

Penulis berharap melalui buku ini siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir komputasi (computational thinking), berpikir logis (logical thinking), algoritma (penyelesaian masalah secara terstruktur), nilai-nilai kerjasama, kreativitas, dan pemecahan masalah (problem solving) yang merupakan kunci dari ilmu komputer sekaligus nilai-nilai kecakapan yang diperlukan dalam menghadapi kehidupan di abad 21.

Tentu buku ini masih banyak kekurangan. Saran dan kritik yang membangun dapat dikirimkan melalui email penulis di sini: hindraswari(dot)enggar(at)gmail(dot)(com). Semoga buku ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi kita semua. Amin yra.

Sekilas gambaran dari isi buku Informatika Kelas 4 untuk SD. Penerbit Erlangga. Tahun terbit 2019.

2 Comments

  1. Paramita

    Assalamualaikum, Bu Enggar … Bagaimana kabarnya?? Setelah sekian lama saya tdk d TIK, tapel ini kembali lg dan saya kunjungi website ibu ternyata ada buku baru TIK dari Erlangga. Apakah buku tsb sdh bisa d beli d TB Gramedia? Buku TIK SD terbarunya sudah lengkap kls 1-6 bu?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Waálaikum salam Bu Mita,
      Alhamdulillah baik. Terima kasih. Semoga Bu Mita dan sekeluarga juga sehat ya. Buku untuk kelas 4 sudah bisa diperoleh di toko buku. Buku untuk kelas lainnya sedang dalam proses editing di penerbit. Mudah-mudahan tidak lama ya :).

      Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.