PKWU

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membawa pengaruh ke dalam berbagai bidang, tak terkecuali dunia usaha. Belajar berwirausaha di era digital akan memberikan banyak peluang dan kemudahan dalam menjalankan kegiatan usaha jika pelaku bisnis dapat menggunakan dan memanfaatkan pengetahuan teknologi dan informasi dengan baik.

Itulah sebabnya dalam pemelajaran PKWU di ruang kelas saya berusaha menyisipkan pengetahuan TIK kepada siswa-siswa saya. Semisal mengajarkan bahasa pemformatan HTML. Pengetahuan HTML diperlukan untuk membuat toko online. Toko online ini akan menjadi wadah setiap kelompok (setiap perusahaan) untuk memasarkan produk mereka. Siswa juga bisa belajar berinteraksi (membuat networking) dengan konsumen secara langsung melalui sosial media dan instant messenger. Selain itu siswa dapat mengoptimalkan layanan online advertising lainnya seperti membuat fanpage di facebook, dan lain-lain.

Tentu, pemasaran konvensional tetap dilakukan, antara lain dengan membuat media promosi offline seperti brosur, kartu nama, dan sebagainya.

Dunia seputar e-commerce dan startup juga menjadi tambahan materi pengajaran saya kepada peserta didik. Jangan lupa, siswa kita adalah generasi Z, yang sejak dini sudah bersentuhan dengan teknologi. Beberapa siswa saya banyak yang menggunakan layanan instagram untuk berjualan. Ada juga yang menjadi dropshipper atau reseller dan memasarkan produknya melalui market place.
Maka tak ada alasan bagi kita untuk menafikan keberadaan TIK. Dalam berbagai bidang apapun maka peranan teknologi informasi dan komunikasi tidak bisa diabaikan.

Seputar kegiatan saya mengajarkan PKWU kepada murid-murid dapat dilihat di blog saya yang ini.

Oya, contoh RPP PKWU kelas X saya bisa diunduh di sini.
Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *