Membuat mobil-mobilan Panel Surya

Di dalam materi Prakarya dan Kewirausahaan aspek Rekayasa untuk kelas XI Semester 1 materi pembelajaran adalah mengenai Pembangkit Listrik Sederhana.

Tulisan ini akan memaparkan cara membuat model alat pembangkit listrik energi surya dengan memanfaatkan panel surya. Produk rekayasa tersebut berupa mobil panel surya. Mobil-mobilan ini hemat energi tentu saja karena tidak menggunakan baterai untuk menjalankannya. Cara bikinnya mudah. Untuk projek mobil mainan ini memang belum diprogram oleh komputer, jadi memang betul-betul manual dan mengandalkan sinar matahari untuk menggerakkan si mobil.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
panel surya
Tempat ice cream atau botol plastik air kemasan
4 motor dan 4 roda (kalau tidak ada 4 cukup 2 roda dan satu lagi bahan pengganti untuk roda ketiga)
papan roti (optional).

Cara membuat
1. Buat lubang kecil di penutup kotak ice cream. Sesuaikan letak lubang dengan sumbu (+) (-) yang ada di panel surya. Karena sumbu (+) (-) yang akan digunakan di contoh ini terletak di tengah maka penempatan lubang juga disesuaikan di tengah kotak ice cream.
mobil-1

2. Rekatkan panel surya di penutup kotak ice cream dengan menggunakan double tape. Tempel di sisi tepi panel suryanya.
mobil2

3. Sambungkan kabel ke sumbu (+) (-) yang ada di panel surya dengan cara menyoldernya.
mobil1

4. Selanjutnya buat lubang atau bor di kedua sisi kotak ice cream untuk meletakkan roda mobil. Sambungkan roda dengan motornya.
mobil3

5. Pasang kabel sesuai aturannya, (+) dengan (+), (-) dengan (-). Pemasangan kabel bisa juga dicermati pada mobil mainan yang menggunakan baterai. Di sini kami menggunakan bread board (papan roti) semata untuk menghindari proses penyolderan. Jadi, kalau mau disolder juga nggak pp. Atau bisa juga melihat rangkaian elektronikanya di bawah ini.
mobil

6. Untuk yang hanya menggunakan 2 roda gunakan bahan alternatif lain untuk roda ketiga. Roda ketiga ini berfungsi untuk menyeimbangkan posisi mobil.

7. Letakkan di bawah sinar matahari. Tada, mobil mainan panel surya mu telah siap dijalankan.

Oya, silakan berkreasi sendiri untuk bentuk mobilnya. Yang kami buat di sini sangat sederhana :).

Prinsip kerja mobil panel surya
Panel surya menangkap dan menyerap sinar matahari secara langsung yang kemudian digunakan untuk menjalankan mobil.

Panel surya tidak menyimpan energi yang ada pada sinar matahari sehingga jika tiba-tiba langit mendung atau panel surya tidak mendapat sinar matahari maka mobil mainan panel surya di atas tidak dapat berjalan. Untuk menyiasati hal tersebut kita dapat menambahkan aki atau baterai untuk menyimpan sinar matahari sehingga mobil mainan tetap dapat dimainkan walau tidak memperoleh sinar matahari.

Mobil panel surya merupakan teknologi masa depan yang ramah lingkungan serta solusi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Kenapa ramah lingkungan? Karena pemanfaatan dari sumber-sumber energi terbarukan (seperti air, angin, matahari, biomassa/biogas) memiliki emisi gas buang yang rendah sehingga tidak menimbulkan polusi.

Beberapa kreasi mobil panel surya yang dapat dibuat. Sumber: Google.
solar-water-bottle1 sunny_side_up_parts_n11

KT-CARKIT4_2

mini-solar-toy-car-DIY-solar-car-solar-energy-toy-vehicle-for-children-education

ssu_11

Hm, bikin apalagi ya? 🙂

5 thoughts on “Membuat mobil-mobilan Panel Surya

    • Rodanya ambil dari roda mobil mainan. Bisa juga pakai roda mobil mainan tamiya atau mobil mainan yang menggunakan baterai. Atau bisa beli di market place.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *