Hello Entrepreneurs, Good Bye Borders

planet-entrepreneur-cover
Judul: Planet Entrepreneur
Penulis: Steven D. Strauss
Penerbit: Wiley (John Wiley & sons, Inc., Hoboken, New Jersey).

Saat ini kita hidup dalam dunia yang saling terhubung satu sama lain. Informasi bergerak cepat, orang-orang bertambah cerdas dan ide serta gagasan menyebar dengan cepat. Tidak demikian halnya dahulu, wajah dunia saat itu sungguh berbeda. Dibatasi oleh persaingan ekomoni dan politik, maka Timur adalah Timur dan Barat adalah Barat dan tidak pernah keduanya itu bertemu.

Dunia kemudian mempunyai dua kutub: Demokrasi dan Kapitalisme yang bertentangan dengan komunisme. Mereka terjebak dalam tirai besi dan tidak bisa keluar. Hampir mustahil bagi masyarakat dan gagasan serta uang untuk berpindah tempat dari asal mereka berada. Bagi seorang entrepreneur (wirausaha), mereka terisolasi. Terkucil di suatu tempat dimana ia berada, entrepreneur pada masa itu membangun bisnis mereka dan hanya memenuhi kebutuhan pasar di area ia berada.

Namun segalanya berubah. Tembok Berlin jatuh. Uni Soviet terbagi menjadi negara-negara kecil. Cina menjelma menjadi kapitalis dan seratus miliader bermekaran. Internet lahir dan tak lama kemudian internet kecepatan tinggi datang. Amazon.com menciptakan e-commerce. Disusul facebook. Pembaharuan, kesalingterhubungan dalam dunia digital kemudian dengan cepat meninggalkan kerangka cara berpikir lama.

Bagi entrepreneur, perubahan ini tidak bisa diabaikan. Perubahan nilai, tumbuhnya kapitalisme, keberhasilan entrepreneur, akses global untuk berkomunikasi dan munculnya internet yang jika dikombinasikan akan berarti bahwa seorang penjaga toko di sebuah tempat bisa mempromosikan dan menjual produknya di tempat lain dengan cara melakukan perdagangan online (e-commerce) atau memasarkan melalui facebook, atau yang lainnya.

Perubahan-perubahan di atas menyebabkan batasan-batasan lama yang menjadi penghalang bagi berkembangnya sebuah usaha menjadi tidak begitu penting.

Dan fakta kita semua saling terhubung ke seluruh dunia dengan sesuatu yang sederhana, seperti ponsel yang setiap saat ada di saku kita – berarti bahwa setiap saat kita membutuhkan informasi apapun maka kita bisa mengaksesnya setiap waktu, setiap saat, sekarang dan saat ini juga.

Dan bagi seorang entrepreneur, batasan geografis, tempat, dan lain-lain yang dahulu menjadi kendala tidak lagi ada. Perkembangan teknologi membantu mereka untuk menjual produknya ke pelanggan di berbagai belahan dunia lainnya.

This is what we mean by hello entrepreneurs, good bye borders.

Bagi saya, selain penting menumbuhkan kewirausahaan di dalam negeri juga utama bagi mereka mengenal teknologi. Teknologi akan membantu wirausaha untuk memperoleh target pasar yang lebih luas, efisiensi waktu dan tempat serta memiliki kemampuan berkompetisi dengan para wirausaha di luar sana.

Diadaptasi dari “Hello Entrpreneur, Good bye borders”, dengan judul buku “Planet Entrepreneur. Business Success Around The World.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *