Nge-Blog Yuk

Hmm.. kamu tentu pernah mendengar buku harian. Apa sih buku harian itu? Buku harian adalah catatan kejadian yang kita alami sehari-hari. Menulis buku harian membantumu untuk belajar mengungkapkan emosi dan perasaan serta mengeluarkan ide-ide atau gagasan yang kamu punyai.

Dengan berkembangnya teknologi, maka kegiatan tulis menulis sekarang tidak hanya ditulis pada secarik kertas namun juga bisa di internet. Nah, aplikasi untuk menulis sebuah catatan harian online disebut dengan Blog.

Langkah untuk membuat blog sangat mudah. Salah satunya kamu dapat menggunakan layanan yang diberikan oleh wordpress. Ikuti langkah berikut ini.

  • Ketik http://wordpress.com
  • Klik Sign Up, untuk mendaftar

blog

  • Ketikkan username, password dan ketik password sekali lagi. Username adalah nama yang akan muncul sebagai nama domain blogmu. Misal: hilda86.wordpress.com. Nah, hilda86 adalah usernamemu.

blog2

  • Ketikkan alamat emailmu. Misal: hilda-sarah@yahoo.com (Oya, kamu harus punya alamat email terlebih dahulu. Kalau belum punya email, buat dulu ya. Kamu bisa membuat email di yahoo atau di gmail)
  • Klik di kotak kecil yang ada tulisan “I have read and agree…”. Artinya, kamu telah membaca dan menyetujui prosedur yang ditetapkan.
  • Selanjutnya, klik Next.

blog3

  • Jika permintaanmu disetujui maka akan keluar pernyataan persetujuan.
  • Selanjutnya, kamu diminta untuk mengaktifkan akun blogmu dengan cara mengeklik link yang diberikan melalui emailmu. Maksudnya, kamu harus masuk ke alamat email dan melihat apakah ada email konfirmasi dari wordpress. Jika ada klik dan baca pesan yang diberikan. Biasanya, di pesan tersebut ada link yang harus kamu klik sebagai tanda konfirmasi untuk mengaktifkan akun blogmu.
  • Berikutnya, kamu sudah mulai bisa menulis. Tulislah apa saja, boleh kegiatanmu sehari-hari, cerita-cerita karyamu dan lain-lain.

Dan tahukah kamu, kelebihan sebuah blog? Jika kamu menulis di buku harian maka tidak ada orang lain yang bisa mengomentari tulisanmu. Tapi dengan blog, setiap artikel atau cerita yang kamu tulis, dapat dibaca oleh banyak orang dan dikomentari oleh siapapun. Kamu dapat berinteraksi dan membangun sebuah social network (hubungan antar manusia), seperti halnya di facebook. Ketika kamu menulis status baru, maka statusmu dapat dikomentari oleh teman2 yang ada di daftar pertemanan. Begitu juga dengan blog. Siapapun dapat memberi komentar atas tulisanmu. Hebatnya blog, tanpa daftar pertemanan, maka siapapun dan orang dari manapun dapat turut berkomentar dan berinteraksi dengan kamu dan tulisanmu.

Selamat menulis dan hiasilah dunia dengan tulisan-tulisanmu yang bermanfaat dan berguna untuk sesama.

6 thoughts on “Nge-Blog Yuk

  1. yupz bu, salah satu dari sekian banyak kelebihannya tulisan kita di blog bisa dikomentari (kalo form komentarnya diaktifkan) dan dari situ kita bisa lebih banyak belajar lagi, baik itu saran maupun kritik yang diberikan oleh pengunjung melalui komentarna pada tulisan kita. lebih interaksi lebih baik šŸ˜€

  2. I agree with you. It’s a good idea to share experiences in this blog and then we can laugh in the air. Right?

  3. jika dibuku harian, kita bebas mencaci dan mengumpat yang memang tempat untuk meluapkan segala emosi, sedangkan di blog, kita tetap perlu menjaga sopan santun yang ada. mohon di koreksi. hehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *