Belajar Tiada Henti

AKTA

AKTA atau sertifikat mengajar ini harus Anda miliki jika Anda berminat untuk menjadi guru. Untuk strata D3, Anda harus memiliki Akta 3 dan Akta 4, untuk S1. Untuk menempuh AKTA ini waktu yang dibutuhkan kira-kira 1 tahun. Tapi bisa juga lebih cepat dari itu. Di fakultas ilmu pendidikan ini belajar apa saja ya?

  • Pengantar ilmu pendidikan
  • Perkembangan peserta didik
  • Teori belajar dan pembelajaran
  • Profesi kependidikan
  • Kemampuan dasar mengajar
  • Pengembangan bahan ajar
  • Perencanaan pendidikan
  • Evaluasi pendidikan
  • Penelitian Pendidikan
  • Pendidikan orang dewasa
  • program pengalaman lapangan

Dahulu, untuk menjadi seorang guru diutamakan lulusan IKIP. Namun sejak tahun 2000, lulusan yang bukan dari IKIP juga bisa mendaftar menjadi guru. Namun, untuk diakui Anda harus memiliki AKTA atau sertifikat mengajar.

Satu pertanyaan dari saya. Apakah persyaratan untuk menjadi guru bantu?

update 18-02-2009
Informasi lanjutan seputar AKTA dapat Anda liat di sini.

91 Comments

  1. kangguru

    syarat jadi guru di indonesia tuh cuman satu yaitu tidak bisu hehehehhe siapa aja bisa jadi guru

    Reply
  2. Sawali Tuhusetya

    Begitu deh, tuntutan untuk bisa jadi guru alias pendidik di negeri ini ternyata macem2, mulai dari kualifikasi akademik alias ijazah sampai pada tuntutan kompetensi kepribadian, sosial, profesional, dan pedagogik.

    Reply
  3. Enggar (Post author)

    Kangguru:
    Masa ‘Pak? 🙂
    Sawali:
    Iya, tuntutannya banyak bener. Tapi di lain sisi bisa begitu longgarnya segala macam persyaratan itu, seperti kata Kang Guru, begitu, Pak?

    Reply
  4. sawali tuhusetya

    Selamat menunaikan ibadah puasa juga, Bu Enggar, semoga makin tambah khusyu’ dan bersemangat dalam beribadah, amiiin.

    Reply
  5. Lidia Robahi

    Akta 4 bagi yang berijazah S1 ya he he he sayang saya blom punya nih. saya sudah sekitar 4 tahun sudah ngajar tp sampe sekarang blom punya. semoga aja bntr lagi udh bisa ngambil 😛

    Reply
  6. Philip Kopeuw

    harus punya akta iv, tapi kan tidak semua jurusan di PT yang ada akta iv. kasihan dong yang tdk memiliki ijazah akta iv. tapi udah wajib tuu klo mau jadi guru, hrs ikut pendidikan tambahan utk akta iv.

    Reply
  7. elvi susanti

    saya adalah guru smp terbuka dan ingin mengambil akta IV tahun 2008 ini kemana saya harus daftar

    Reply
  8. Enggar (Post author)

    Bu Elvi coba ke sini.

    Reply
  9. haroen

    DH,
    Saya ingin memiliki akta mengajar

    Trimas

    Reply
  10. atri

    Maaf yaa di UNJ pernah saya tf tapi udah ga da pendidikan akta IVnya, jadi dimana lagi saya harus ambil pendidikan akta IV tersebut..terimakasih

    Reply
  11. Z_te@

    saya dari DIV, bisa ikut akta 4 ga?saya pengen jadi guru, bisa ngajar dulu baru ambil akta 4 ga sh?

    Reply
  12. Enggar (Post author)

    Selain di UNJ saya tidak tau lagi persisnya dimana. Tapi kemarin rekan saya menemukan PTS yang mengadakan pendidikan AKTA IV ini. Coba googling di internet.
    Z_te:
    DIV itu apa ya? Diploma maksudnya? Bisa saja. Tapi kalau tidak salah namanya AKTA III. AKTA IV untuk jenjang S1.
    Tidak masalah ngajar atau ambil AKTA dulu, tergantung kesempatan yang ada pertama kali. Walapun akan lebih baik jika sudah mempunyai AKTA.

    Reply
  13. karonia

    saya mau tanya, siapa aja boleh jawab tapi harus benar ya. gini, denger denger tahun 2009 sudah tidak ada yang membuka akta IV. apa betul begitu? thanks

    Reply
  14. Edy

    Mohon informasi pada temen2, perguruan tinggi mana yang buka/mengadakan program akta IV.

    Thank’s

    Reply
  15. rachma

    tolong info, perguruan tinggi yang membuka program akta IV

    Reply
  16. Enggar (Post author)

    All:
    Dari informasi terbaru yang saya ketahui, AKTA ini sudah ditutup. Diganti dengan sertifikasi guru.

    Reply
  17. AZZAM

    lam kenal…! barusan saya juga telp ke unj dan katanya akta iv sudah tdk ada ! apa ini merupakan kebijakan pemerintah? kalo iya berarti di semua pts dan ptn sudah tidak ada lagi, dan penggantinya apa….? terus gimana dengan mereka yg ingin mengambil pengganti akta iv? saya dpt infokatanya berubah jadi sertifikasi guru. bagaimana dengan mereka yang blm punya pengalaman mengajar apa bisa mengikuti program sertifikasi guru ini?

    mhn infonya
    terimakasih

    Reply
  18. Enggar (Post author)

    Saya juga tidak tahu mas. Menurut beberapa rekan, sertifikasi guru ini untuk guru-guru PNS utamanya. Akta ditutup kemungkinan karena pemerintah ingin mengangkat guru-guru senior terlebih dahulu. Tapi coba ditanyakan langsung ke UNJ agar lebih akurat beritanya.

    Reply
  19. dani

    salam kenal..saya jg tertarik ikut akta 4, tp denger2 hanya dari bbrp perguruan tinggi aja ya yg di akui.. bener ga sih? tolong info nya ya..

    Reply
  20. yan laksmana

    saya mau tanya.
    saya mau ambil akta 4 tapi tidak tau yang masih buka dimana.
    sekarang saya berdomisili di kudus.
    tolong kasih tau alamat yang buka akta 4 di dekat kudus.

    Reply
  21. anik arianti

    saya mau tanya tentang sertifikasi guru itu apa tidak bisa di ikuti oleh lulusan PT umum?

    Reply
  22. adinfox

    saya mo tanya apakah seorang lulusan D3 bisa lansung mendaftar Akta 4 tanpa ngambil S1 dahulu?oy saya udah mengajar hampir 1 tahun, makasih atas jawabannya

    Reply
  23. kurnia adi

    Saya ingin ambil akta 4 dan saya berdomisili di Pekalongan.
    Kira-kira ada nggak ya, PT yang mengyelenggarakan akta 4 di dekat Pekalongan

    Reply
  24. yudhi hutadjulu

    Saya lulusan S1 – Hukum, sudah hampir 4 tahun ini dipercaya mengajar exschool bidang kesenian di sebuah SMA Negeri. Belakangan ini ada tawaran untuk menjadi guru PPkn (PKn) atau menjadi guru Kesenian, yang menjadi kendala saya adalah saya tidak mempunyai AKTA 4, adakah PT atau UT yang menyelenggarakan program tersebut?
    Saya berdomisili di Bekasi
    Trims untuk jawabannya …

    Reply
  25. ahamd

    pak apakah setelah lulus kulaih pasti dapat pekerjaan?aku pikir malas kalau lama-lama kuliah tapi setelah lulus tidak mendapatkan pekerjaan

    Reply
  26. AL

    Saya masih bingung mengenai akta 4. Rekan saya dua orang sedang menempuh akta 4, berarti masih ada ya? Saya belum punya euy..

    Reply
  27. Enggar (Post author)

    All:
    Berita pastinya mengenai AKTA ini saya tidak tahu. Dari UNJ sendiri program AKTA sudah dihilangkan. Tapi beberapa universitas swasta masih membuka program AKTA. Mungkin juga karena banyaknya permintaan untuk program AKTA ini. Jadi terkesan simpang siur memang. Setahu saya, AKTA III untuk lulusan D3 dan AKTA IV untuk lulusan sarjana.

    AL:
    Rekannya ambil AKTA IV dimana Al? Di UPI kah?

    Reply
  28. YUgo Jhun

    Butuh kejelasan mengenai pengganti prog. Akta Iv,,…terutama bagi mereka yang ingin mengajar dan berasal dari pendidikan non-keguruan.

    Reply
  29. Yulia

    Dear teman2 :
    Ada yang tau ga, kalo mau ambil akta IV di univ swasta di mana, karena setau saya untuk yang di UNJ sudah ga di buka lagi. Januari saya ada rencana untuk ambil akta IV

    Reply
  30. Ichan

    Saya guru TIK sudah 5 tahun,, waktu ikut CPNS persyaratannya harus ada Akta 4 sedangkan Saya tamat S.Kom Non Keguruan.. Dimana untuk FKIP ilmu Komputer belum ada.
    Jadi dimana saya harus cari AKTA 4.. Saya berdomisili Palembang.. Tolong Bantuannya

    Reply
  31. Enggar (Post author)

    Kawan, maaf, saya tidak tahu univ swasta mana yang masih membuka program AKTA. Setau saya UNJ sudah meniadakan program ini. Terima kasih.

    Reply
  32. obin

    untuk mas yan laksmana di kudus ada akta IV terdekat dari kudus yang ada di unissula smg selain itu ums solo, ump purwokerto dan uii jogja. mohon klo ada yg minat daftar bareng saya di unisula. terakhir 8 jan 2009. obin (0818244769). teman2 yg mo ngambil buruan terbatas yg diterima.

    Reply
  33. nez

    Hai semua..
    Mohon infonya dong, di Bandung Universitas mana aja yg mengadakan program Akta IV nya?

    Reply
  34. kapri

    di bandung, program akta IV ada di Unisba dan Unla (univ langlang buana). anda dapat datang langsung ke Fakultas Tarbiyah Unisba.
    Memang benar bahwa program akta IV tidak diselenggarakan di kampus IKIP (seperti UPI, UNIMED, atau PTN keguruan lainnya), hanya diselenggarakan di PTS sejak setahun lalu. tapi ada info yg saya dengar bahwa DIKTI/Depdiknas pada juni 2009 akan mengadakan program PPG (Pendidikan Profesi Guru) di PTN Keguruan sebagai pengganti program akta IV.
    apakah ada yg tau kebenaran infonya? Terima kasih

    Reply
  35. randy

    @kapri :
    Terima kasih banyak infonya.

    @all :
    Boleh minta infonya untuk akta 4 Jakarta?

    Reply
  36. Minsun

    Program akta 4, di bandung masih ada yaitu di UNISBA Bandung, di Padang Univ. Bung Hatta, di Surakarta IKIP PGRI. itu yg aku tau.

    Reply
  37. M.Soerya

    To ichsan,sya siap mbantu anda,call sya dinmr 085646897000,krna diuniv sya ada akta 4..N tmen2 yg lain..Bla btuh info akta4 dri univ agrditasi.ok trims mbak enggar ats tmpangane

    Reply
  38. Irhamzah

    saya guru produktif teknik komputer dan jaringan, saya dari S1 Teknik Elektro,saya telah mengajar lebih 3 tahun, sekarang saya mau ikut cpns guru tetapi tidak mempunyai akta mengajar, akta mengajar tersebut katanya sudah dihapuskan, adakah program pengganti akta mengajar tersebut? Jika ada tolong kasih tahu infonya…trim’s

    Reply
  39. Ritha

    Tolong dong kasih info akta IV lokasi di jakarta dan lampung

    Reply
  40. zhepct

    Tolong bagi info akta IV di Jakarta skalian tempat waktu dan biayanya….thx

    Reply
  41. zhepct

    Tolong bagi info akta IV di Jakarta skalian tempat waktu dan biayanya….thx
    hub: isnanto_arif@yahoo.co.id atao 081584472833 thx

    Reply
  42. Vita

    Denger denger akta IV tahun 2009 sudah di tiadakan yah?
    Ah masa sih?

    Bagi temen temen yang tahu kalo tahun 2009 ini masih ada akta IV, tolong hubungi aku yah di denokvita@yahoo.co.id. Tolong kasih info tentang akta IV, tempat, waktu & biayanya tapi lebih di utamakan di daerah bandung. MAkasih sebelumnya.

    Reply
  43. M.Soerya

    Ni ntk tmen2 yg btuh info akta4,silahkan hbngi saya via phone 085646897000,krna email sy lg g fungsi,krna mnrut juklah sertfkasi thn 2008,serta UU SISDIKANAS 20/03,UU guru+dosen 19/05,permendiknas 16/06 tntang standar kualifikasi guru,msih mensyaratkan akta4 dipunyai guru dari sarjana non kpendidikan,dan ntk peserta sertifikasi dari jalur portofolio,jga hrus pny akta 4..Sdang bla sertfkasi dari jalur pedidikan profesi slama 2smster msih blm ada tindak lanjut..Skarang aja CPNS msih mensyaratkan akta4,skrg bnyak info yg simpang siur yg g jelas dasar hukumnya,jd jgn trkecoh,jd akta 4 msih slalu d btuhkan.bla g pny akta4 msihNah silahkan kntak sya,ada solusi untuk anda smua.Trims

    Reply
  44. M.Soerya

    Ni ntk tmen2 yg btuh info akta4,silahkan hbngi saya via phone 085646897000,krna email sy lg g fungsi,krna mnrut juklah sertfkasi thn 2008,serta UU SISDIKANAS 20/03,UU guru+dosen 19/05,permendiknas 16/06 tntang standar kualifikasi guru,msih mensyaratkan akta4 dipunyai guru dari sarjana non kpendidikan,dan ntk peserta sertifikasi dari jalur portofolio,jga hrus pny akta 4..Sdang bla sertfkasi dari jalur pedidikan profesi slama 2smster msih blm ada tindak lanjut..Skarang aja CPNS msih mensyaratkan akta4,skrg bnyak info yg simpang siur yg g jelas dasar hukumnya,jd jgn trkecoh,jd akta 4 msih slalu d btuhkan.bla g pny akta4 Nah silahkan kntak sya,ada solusi untuk anda smua.Trims..

    Reply
  45. M.Soerya

    Vita dkk,yg btuh info akta4 silahkan hubngi saya..Ada nmrhpku diatas,tks

    Reply
  46. randy

    @atas :
    Kenapa gak langsung diumumkan disini??

    Reply
  47. M.Soerya

    Ya hbngi per tlp/sms aja..Mf jgn brprasangka,smua bsa menghubungi bla mmg bnr2 btuh info akta4,diatas dah sya urai dg jls ttg akta 4,menggenapi pny mbak enggar..

    Reply
  48. Santi

    Dimana kita harus ngedaftar program dan dapetin akta IV ya?

    Reply
  49. AL

    Teman saya akta 4 di univ Ibnu Khaldun di Bogor di Gedung Badak.

    Reply
  50. M.Soerya

    Mbak santi,silahkan tlp lg,law bsa lwt nmr hp..Ok

    Reply
  51. M.Soerya

    Di UHAMKA msh ada tuh ntk akta4 ntk anda2 yg domisili wil JAKARTA,.

    Reply
  52. Kiara

    Bisa nggak kami yang dari tamatan Sekolah tinggi seni mengambil akta iv di univ. bung hatta

    Reply
  53. AL

    Kata teman saya, angkatan dia terakhir tapi. Tahun depan udah gak ada lagi. Ditutup.

    Reply
  54. M.Soerya

    Pda dasarnya,akta4 adalah bkan membentuk jurusan prodi pengajaran,tpi membentuk gmana jd guru,jd akta4 dapat diambil dari univ manapun,krna materi akta4 mmg global,jd materi perkuliahanya terfokus ntuk mencetak gmana jdi guru dari sarjana non LPTK/FKIP/TARBIYAH..

    Reply
  55. yunie

    mas soerya selain di uhamka di jakrta nich kampus mana aja yg ngadain akta 4?trus biayanya mahal ga….?

    Reply
  56. Nia

    apakah ada universitas di bandung yang membuka pendidikan akta 4 untuk tahun 2009 skr? tolong informasinya ya?

    Reply
  57. DeNnY.....^^

    hmm iktn nimbrung donk,..hmm ternyata Uhamka masih ada yach,pembukaannya kapan yach,..tolong donk diinfo ke denny_0104@yahoo.com

    Reply
  58. Pingback: Belajar Tiada Henti » Blog Archive » Silabus TIK Kelas 6 dan AKTA

  59. hesti

    mbak & mas…. kalau yang usianya udah diatas 30 th. boleh ga ikut akta IV?? dan biayanya berkisar berapa ya..??

    Reply
  60. anis

    Akta 4….Akta 4 di cari-cari semua orang yang pingin menjadi guru, Tapi nyatanya ijin Akta 4 tahun 2008 sudah di cabut. Dan akan diganti dengan kuliah profesi yang mana ijinnya masih digodok pemeritah .jadi warningn bagi yang mau kuliah akta4 tahun ini jangan tertipu pts ,daripada rugi waktu dan tenaga ternyata ijasahnya tidak diakui hayooo…..

    Reply
  61. HaNa

    sY DgR dR TmN kTNy aMbL akTa4 bLh sMbL KuL S1. . ?
    (bLm LU2S. . )
    p bNr. . ?
    saYa mNaT aMbL akTa4 d JgJa,
    kRa2 BgUsNy DmN yH. . ?
    THx. .

    Reply
  62. M.Soerya

    Kata dirjen dikti,sktar bln juli 09 akn dislnggarakan pndd profsi guru/ppg,bg calon guru,d sdiakan 40.000 kursi bg mhs bru yg minat jd guru.Sdg akta4 tuh sbgai kwenangan mengajar bid.Studi sbg plhan ybs.

    Reply
  63. ulfah

    Aslm, salam kenal. Oh begitu, jadi akta 4 tidak seperti dulu lagi. kalau begitu tolong infonya tentang pendidikan guru juli 2009 di kota bandung ke 081910345375. dari mulai tempat, tanggal dan persiapannya. gamsahamnida

    Reply
  64. dery

    susah juga ya jadi guru,tapi tetap berjuanglah untuk mencerdaskan anak bangsa…….

    Reply
  65. al

    bingung gw yang bener yang mana sech….jadi kesimpulannya AKTA4, dijakarta universitas mana neh yang masih menyediakan…?

    Reply
  66. ida

    tolong infonya ke fwidyanti@yahoo.com ya yg di jakarta masih buka Akta 4. Thx

    Reply
  67. wina

    so..kesimpulannya pada tau ga si dmn-mnNyaaa????
    eh,kLo yg di Bdg ktNya si di uNLa,kt tMn gW yg dH lulus ambiL aKta 4 nYa,,terus Ktnya lg biAyanya 3,5 jt aMpe Lulus n cm m’habiskn waktu 9 bLn (6bLn teOri + 3bLn pRaktek),,
    kLo UnisBa n UIN mah bWt yg syari’aH,,gW jG ga Tau nGrti mKsdnye Ape tu sYariaH,,hehehe…
    xie-xie ni men!!!

    Reply
  68. Alexandria74

    Perguruan tinggi mana saja yg buka program akta 4 di bandung, kapan mulai pendaftaran? Persyaratannya apa saja..tolong infonya via email.
    Terima kasih

    Reply
  69. ARIS ASSI

    aku berminat ikut akta 4 tapi aku dengar2 akta 4 sudah tidak diakui lagi, jadi kalau kami yang alumni non kependidikan berminat jadi guruh harus ikut program apa? kuliahnya berapa lama dan adakah kampus di daerah makassar yang adakan program pengganti akta 4? apakah ada di unifersitas terbuka? daftarnya gimana?

    Reply
  70. rima

    saya ingin sekali dapat akta 1V, perguruan tinggi mana saja yang mengadakan akta 1V tersebut? dan kapan mulai pendaftarannya? tolong bantuannya di email saya !!!

    Reply
  71. Kang Ucup

    pengen nimbrung nich…sekedar info buat rekan2.tuk program akta IV di perguruan tinggi negeri bisa di kampus UNESA ( Universitas Negeri Surabaya)dulunya ikip negeri, sdangkan yang PTS bisa ambil di IKIP PGRI(Swasta)coba ajah rekan2 googling pake keyword program akta IV UNESA…ok selamat mencoba.

    Reply
  72. irfan

    bagaimana apabila saya mengikuti program akta 4 pada tahun ini apakah masih diakui atau engga? karena menurut saya program akta 4 masih dipergunakan apabila ingin menjadi cpns dalam formasi guru. terus bagaimana legalitasnya? karena katanya akta 4 tidak berlaku dan diganti dengan kuliah profesi? sementara apabila dilihat dalam formasi cpns tahun ini kualifikasi akta 4 masih diakui? info kuliah akta 4 untuk universitas di bandung dimana?

    Reply
  73. Riri

    maap mo ikutan nanya. apa setelah ambil akta4 qta dpt gelar S.Pd?Cz ada tmn sy yg pk gelar S.Pd dibelakang nama & gelar S.S ny stlh ambil akta4 di UNJ. Tp ada bbrp tmn sy lg yg abis ambil akta4 tp bkn di UNJ tp dia bilg tdk dpt gelar S.Pd.Gmn tuh?

    Reply
  74. hotmaida

    apa aja syarat pendaftaran akta ? berapa kira – kira biaya nya?

    Reply
  75. Iskandar

    Saya seoarang Guru komputer sudah 2 tahun ngajar tp karna kuliah saya berhenti sekarang saya ingin mengajar lagi tapi apakah ada t4 mengambil akta 4 di palembang mohon beritanya

    Reply
  76. Yusuf

    Ada yang tahu info Pendidikan profesi Guru yang sudah buka di bandung ? Bagaimana nasib yang sudah ngambil Akta 4 sekarang? ko masih banyak PTS yg msh buka.

    Reply
  77. Rini W

    Mohon infonya juga universitas mana saja di Jakarta yang menyediakan Program Akta 4?

    Reply
  78. ratih dewi

    PTN ato PTS di surabaya mana yang mengadakan program akta 4 ??? tolong 085231857566

    Reply
  79. Yoen Astrio

    Apa perbedaan akta mengajar dengan akta IV? tolong kasih infonya klo bisa dengan UU yang melandasinya. Trims

    Reply
    1. Enggar (Post author)

      Sejauh yang saya ketahui, Akta mengajar adalah sebutan
      untuk sertifikat mengajar. Semacam tanda bukti mungkin ya bahwa ybs
      layak untuk mengajar. Akta IV diberikan untuk mereka yang telah
      menyelesaikan pendidikan sarjana (S1).

      Reply
  80. Dee

    dijelakan diatas ktnya jk sudah S1 hy tinggal tambah 1 Th lg utk dpt sertifikat Akta 4. Sy sdh S1 kira2 tempat mana yg menyediakan pendidikan utk AKTA 4 yang hy 1 thn itu. Mohon informasinya. Trims.

    Reply
  81. Enggar (Post author)

    @Dee: Dulu begitu. Tapi saya tidak tahu lagi sejak program AKTA diagnti menjadi PPG. Mungkin bisa Anda tanyakan langsung ke UNJ. Terima kasih banyak.

    Reply
  82. ade

    Mohon bantuan informasinya….masih berlaku tidak akta4 di tahun ini, sebab ditempat saya baru ini ada buka akta4? Jadi agr tdk ketipu….mohon bantuan kejelasan infonya….

    Reply
  83. Jenong jie

    dijelakan diatas ktnya jk sudah S1 hy tinggal tambah 1 Th lg utk dpt sertifikat Akta 4. Sy sdh S1 kira2 tempat mana yg menyediakan pendidikan utk AKTA 4 yang hy 1 thn itu. Mohon informasinya. Trims.

    Reply
  84. Enggar (Post author)

    @Ade: Setau saya program AKTA sudah dihapuskan. Kalau mau informasi yang lebih valid sebaiknya langsung tanyakan ke UNJ. Saran saya, jika ingin mengambil AKTA sebaiknya di UNJ.

    @Jenong JIe: Dulu di IKIP (UNJ) tapi kemudian program AKTA ini dihapus dan diganti namanya menjadi PPG. Coba langsung tanyakan ke UNJ apakah PPG sudah berjalan atau belum.

    Reply
  85. Pingback: Belajar Tiada Henti » Blog Archive » PPG Pengganti AKTA -

  86. ipur

    kalau mau mendapat akta IV, ada informasi gk dimana????
    trimkasih

    Reply
  87. Pingback: PPG Pengganti AKTA | ICT Learning

  88. Didi Supriyadi

    Saya ada rencana mau ambil Akta 4, habis kerja sudah 17 tahun. bosan. ada rencana kepengen ngajar. dimana saya harus ambil Akta 4 dibandung?? masih diakui tidak Akta 4 tersebut??
    terimakasih informasinya

    Reply
  89. Drs Soeprapto, SU

    Bagi orang yang mengetahui materi Akta Mengajar V, Akta Mengajar IV, Applied Approach, dan PEKERTi (Peningkatan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional), harusnya tahu bahwa materi tersebut tidak identik dengan materi PPG. Mengapa ? Alasannya karena materi-materi di atas lebih mengarah pada aspek Pedagogik tentang teori, metode, dan strategi mengajar, sehingga pesertanya tidak harus berasal dari bidang ilmu tertentu tapi boleh heterogen krn yang diutamakan adalah ilmu mengajarnya, bukan substansi bidang ilmu. Sementara PPG lebih mengarah pada substansi bidang ilmu, terbukti dari syarat peserta yang sebidang, misalnya : PPG Matematika, PPG Bahasa dan sebagainya. Jadi sepanjang PPG mempersyaratkan pesertanya sebidang ilmu, maka logikanya PPG tidak bisa dijadikan pengganti Akta Mengajar. Jika itu terjadii maka ini menandakan bahwa penentu kebijakan atau peraturan tersebut tidak faham, atau tidak mau faham. Sikap tidak faham atau tidak mau faham ini terjadi pula pada orang orang yang menganggap identik antara ISO dan Quality Assurance System (QAS). Padahal setidaknya ada 3 perbedaan antara ISO dan QAS. Lebih ironi lagi ketika ada orang yang menganggap sama antara Sertifikasi dan Akreditasi. ISO, AUN QA, Perguruan Tinggi adalah lembaga serifikasi, sementara BAN-PT, Internasional Acreditation Board adalah lembaga akreditasi. Terus tinggi mana posisinya ? Jelas tinggi lembaga akreditasi pada lingkup yang sama (sama-sama aras nasional atau sama sama aras internasional). Demikian semoga manfaat dan difahami oleh para penentu kebijakan.

    Reply
  90. Sozisokhi Zega, S.E.

    Teringat tentang pelatihan tentang pendidikan yg sehubungan dengan akta 4 ini sampai Sertifikatnya sdh sy terima. Kemudian sy mengikuti perekrutan GBD di Daerah sy tp tdk diterima akta 4 itu. KatanyA akta itu adalah abal2.
    Hingga sekarang tdk tau kejelasan akta itu diterima atau tdk.
    Jg sampai skrg tdk ada lagi pegangan untuk ngajar. Sy sih mengajar sejak tahun 2010 sampai sekarang. Jd bagaimana solusi supaya bisa dapat itu.

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *