Belajar Tiada Henti

Modul Ajar Informatika Jilid 2

Bapak Ibu Guru, merujuk pada banyaknya permintaan untuk saya men-share modul ajar Informatika Kurikulum Sekolah Penggerak, maka ijinkan saya menjelaskan beberapa hal di bawah ini agar tidak terjadi kesalahpahaman.

  1. Bapak Ibu yang sekolahnya terpilih menjadi Sekolah Penggerak pasti paham bahwa guru diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Jadi, modul ajar yang saya contohkan di postingan sebelumnya bukanlah format modul ajar yang wajib dilaksanakan di sekolah Bapak Ibu.
  2. Sebenarnya, jika Bapak Ibu merasa kesulitan menyusun modul ajar, maka di Buku Guru yang disusun dari Kementerian telah diberikan panduannya. Bapak Ibu hanya perlu sedikit meluangkan waktu untuk membacanya. Bapak Ibu bisa menggunakan urutan rencana pembelajaran seperti yang ada di buku atau bersama guru mapel yang sama berdiskusi untuk menentukan urutan rencana pembelajaran.
  3. Modul aja yang saya contohkan pada postingan sebelumnya adalah modul ajar yang saya kembangkan dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik dan sarana prasarana yang memungkinkan di masa pandemi ini. Selain itu saya juga menyesuaikannya dengan pilihan tema proyek yang telah ditentukan oleh sekolah. Oleh karena itu, sekali lagi, modul ajar ini bukanlah format baku yang harus digunakan oleh Bapak Ibu Guru. Bapak Ibu diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk menyusun modul ajar dalam berbagai format serta memodifikasi dan menentukan urutan elemen dari setiap CP yang akan diajarkan.

Selanjutnya, saya akan share modul ajar yang sedang saya susun. Tetapi ini baru untuk triwulan saja ya, dan belum sepenuhnya terisi karena mengerjakannya juga sambil disambi tugas-tugas lainnya. Seadanya dulu saja ya. Bapak Ibu bisa melanjutkannya nanti dan jangan lupa share juga ya, supaya kita semua bisa saling belajar.

Oya, ini khusus mata pelajaran Informatika Fase E ya Bapak Ibu Guru.

Silakan klik di sini untuk mengunduh modul ajar. Terima kasih.

Update: versi lengkap dan final untuk semester ganjil bisa diunduh di sini.

Semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. Sulhah

    Terimakasih! Penjelasannya sangat mudah dipahami.

    Reply
  2. sulhah

    Terimakasih! Sangat membantu karena mudah dipahami.

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.