Belajar Tiada Henti

Contoh Soal HOTs versi sendiri :)

Dalam rangka menunaikan kewajiban selepas mengikuti pemberdayaan MGMP PKWU maka saya akan menyisipkan contoh soal LOTs dan HOTs dalam pilihan ganda dan essay dalam tulisan di bawah ini. Tugas ini sudah saya kumpulkan kepada nara sumber. Nah, mengenai benar atau salahnya saya sendiri belum tahu. Belum dibedah bersama-sama soalnya :).
Jika Bapak/Ibu Guru berkenan memberi masukan silakan memberi komentar di bawah ini :).

Soal LOTs

1. Barang atau hasil karya yang dihasilkan melalui keterampilan tangan disebut ….
a. Kerajinan
b. Keterampilan
c. Kesenian
d. Keindahan
e. Karya tangan

2. Berikut yang termasuk benda hias adalah …
a. Meja dan kursi
b. Pensil dan penggaris
c. Sepatu dan kaos kaki
d. Rangkaian bunga dan lukisan
e. Tas dan dompet

3. Untuk membuat kaldu digunakan teknik memasak …
a. Stewing
b. Simmering
c. Boiling
d. Steaming
e. Deep frying

4. Perubahan bentuk energi dari yang satu menjadi bentuk energi yang lain disebut …
a. Kapiler
b. Pembiasan
c. Konversi
d. Konsentrat
e. Konvergen

5. Contoh umbi-umbian adalah …
a. Ketela
b. Jeruk
c. Nanas
d. Semangka
e. jambu

Essay
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda!
2. Apa yang dimaksud dengan BEP?
3. Jelaskan pengertian bauran pemasaran

Soal HOTs
1. Awal mulanya Gojek adalah layanan jasa transportasi online. Kemudian Gojek meluncurkan aplikasi Gofood dan disusul layanan lainnya. Munculnya berbagai gagasan produk baru adalah salah satu karakteristik yang perlu dimiliki seorang wirausaha, yaitu …
a. Inovatif
b. Mandiri
c. Percaya diri
d. Bertanggungjawab

2. Tiket.com adalah situs web yang menyediakan layanan pemesanan reservasi hotel, tiket hiburan, tiket pesawat dan tiket kereta api. Dalam waktu kurang dari 3 tahun perusahaan ini menjadi top agent untuk seluruh partner maskapai dan kereta api. Menurutmu, unique value preposition apa yang dimiliki oleh perusahaan pionir online travel agent ini?
a. Peluang yang besar di industri travel
b. Memudahkan masyarakat untuk pemesanan tiket travel
c. Menciptakan pengalaman baru bagi traveller dalam memesan tiket
d. Mengintegrasikan perencanaan perjalanan, wisata, dan hiburan

3. Kamu mendapat pesanan kue dari kantin sekolah berupa camilan basah yang diisi dengan sayuran. Ada beberapa pilihan sayuran yang telah kamu pertimbangkan, yaitu bayam, wortel, taoge, dan daun bawang. Kamu mengolah makanan tersebut di pagi hari sebelum berangkat sekolah. Jenis sayuran apakah yang tidak akan kamu pilih sebagai isi untuk jajanan basahmu?
a. Bayam
b. Wortel
c. Taoge
d. Daun bawang

4. Kamu melihat banyak remaja yang tidak menyukai produk kerajinan lokal. Alasan mereka adalah karena produk kerajinan yang ada tidak memiliki fungsi benda guna dan hanya sebagai bahan hias. Kamu sebagai pelaku bisnis kemudian berinisiatif untuk membuat produk kerajinan yang memiliki fungsi sebagai benda guna dan benda hias. Solusi yang kamu tawarkan adalah bagian dari tahapan menggali ide melalui …
a. Observasi
b. Wawancara
c. Data
d. Fakta

5. Dalam model bisnis, kamu telah merancang pasar yang ingin disasar untuk produkmu. Namun ketika baru berjalan ternyata diketahui bahwa segmentasi pasarmu berubah. Apa yang harus kamu lakukan kemudian?
a. Mengganti target pasar
b. Mengganti produk
c. Mengganti biaya operasional
d. Mengubah keunggulan kompetitif perusahaan

6. Ketika merancang design thinking untuk produk konversi energi, kamu mengetahui bahwa prototipe yang dibuat tidak berhasil memecahkan masalah yang ada di masyarakat. Langkah apa yang harus kamu lakukan sebagai pelaku bisnis untuk mengatasi masalah tersebut?
a. Menentukan ulang masalah yang ingin dicarikan solusinya
b. Memasarkan produk
c. Memproduksi produk jadi
d. Membuat model bisnis

7. Ranti adalah seorang pebisnis UMKM yang cukup berhasil. Beberapa konsumen baru mengetahui produk ini dari mulut ke mulut. Sebagai pebisnis pemula yang awam dengan teknologi namun ingin memperluas saluran distribusinya apa yang dapat dilakukan oleh Ranti?
a. Bergabung di marketplace
b. Membuat toko online sendiri
c. Membuat layanan produk di web
d. Membuat brosur

8. Berbekal modal yang cukup besar, Rena membuka usaha milo kepal. Usahanya ia rintis karena mengikuti trend masyarakat yang sedang menggandrungi minuman ini. Tak lama, usaha yang ia rintis mengalami penurunan. Karena tak memiliki menu andalan lainnya, usaha yang dirintis Rena ini akhirnya tutup. Menurutmu, bagaimana agar sebuah bisnis dapat bertahan?
a. Membuat produk tiruan dengan harga yang lebih rendah
b. Membuat produk yang diminati masyarakat
c. Membuat produk dengan mengikuti trend
d. Membuat produk dengan berdasarkan masalah dari pelanggan

9. Rafi mengamati bahwa pada malam hari banyak lampu taman di rumah-rumah dimatikan. Rafi kemudian mencari tahu alasan dimatikannya lampu taman melalui wawancara dengan beberapa ibu pemilik rumah. Dari hasil wawancara diketahui bahwa alasan pemadaman lampu taman untuk menghemat tarif listrik. Jika kamu adalah Rafi, peluang bisnis apa yang dapat kamu tawarkan sebagai solusi dari permasalahan di atas?
a. Membuat lampu taman dengan watt yang kecil
b. Membuat lampu taman dengan panel surya
c. Membuat lampu taman dengan baterai
d. Membuat lampu taman otomatis yang mati pada saat ada cahaya

10. Kemajuan teknologi melalui internet-nya telah mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja. Menurut sebuah survei, konsumen jaman sekarang melakukan pencarian dan belanja secara online. Sebagai pelaku bisnis offline, apa yang harus kamu lakukan untuk menghadapi perubahan ini?
a. Belajar berbisnis online
b. Membuka lebih banyak toko fisik untuk menghadapi serangan bisnis online
c. Ikut dalam semua kegiatan basar dan pameran untuk meningkatkan penjualan
d. Menitipkan produk ke banyak toko

Essay
1. Kamu mengamati di kelas seringkali Guru dan siswa kesulitan menemukan spidol. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya tempat untuk meletakkan spidol, sehingga spidol sering tercecer dimana-mana. Melihat situasi di atas, apakah kira-kira ide peluang bisnis yang dapat kamu tawarkan jika kamu sebagai pelaku bisnis?
2. Kamu telah mengetahui bahwa kubis mengandung kalium, natrium dan besi. Kandungan mineral kubis serupa dengan yang terdapat pada kulit pisang. Kamu pernah mempraktikkan pembuatan baterai dengan mengggunakan kulit pisang. Menurutmu apakah kubis juga dapat dijadikan alternatif pengganti kulit pisang sebagai bahan baku baterai ramah lingkungan?
3. Uber adalah jasa layanan transportasi online pertama yang ada di Indonesia. Tak lama muncul Gojek dengan mengusung layanan yang sama, dengan ojek sebagai alat transportasinya. Saat ini, keberadaan Gojek jauh mengungguli Uber. Berikan pendapatmu berkaitan dengan keunggulan kompetitif dari Gojek yang tidak dimiliki oleh kompetitornya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.