Belajar Tiada Henti

Nikko National Park

Tempat kunjungan berikutnya setelah National Museum of Nature and Science adalah kota Nikko. Nikko terletak di Tochigi di wilayah Kanto, Jepang. Pemandangan alamnya yang indah merupakan salah satu daya tarik banyak wisatawan mengunjungi kota terluas ke-3 di jepang ini. Selain itu, kota Nikko dekat dan mudah dicapai dari Tokyo. Kami membeli tiket kereta cepat Shinkansen. Perjalanan dari Tokyo ke Utsunomiya dengan shinkansen kurang lebih 1 jam. Kemudian dilanjutkan lagi dengan menggunakan kereta lokal dari Utsunomiya ke Nikko yang memakan waktu kurang lebih 1 jam.


Sampai di Nikko cuaca sedikit mendung. Tampaknya Nikko baru saja diguyur hujan. Pemandangan kota tua yang indah dengan toko dan rumah-rumah mungil dengan hiasan bunga warna-warni menjadikan kota ini bak negeri dongeng.


Kami memutuskan untuk berjalan kaki menuju Nikko National Park sambil menikmati pemandangan sekitar. Namun, tak disangka di tengah perjalanan hujan mengguyur kota ini. Ya, tak apa lah dinikmati saja :). Walaupun sambil berhujan ria, kami tak melewatkan kesempatan untuk mengambil foto di jembatan merah Shinkyo yang terkenal di kota Nikko. Jembatan ini memang tidak berbeda dengan jembatan tradisional lainnya di kota Jepang. Yang membuat jembatan Shinkyo berbeda adalah sungai yang mengalir deras di bawah jembatan serta pepohonan rimbun disekelilingnya yang memberikan pemandangan menakjubkan, terutama di musim gugur ketika daun-daun di pepohonan berubah warna. Sayangnya, saat itu bukan musim gugur. Namun demikian pemandangannya tak kalah indah kok. Keindahan jembatan ini dapat dinimati dari sekelilingnya. Oya, kalau berminat foto-foto di atas jembatan maka kita bisa membeli tiket masuk terlebih dahulu.


Letak jembatan merah tidak jauh dari pintu masuk Nikko National Park. Setelah menyeberangi lampu merah kita menaiki tangga untuk menuju kuil bangunan utama. Ada banyak kuil yang bisa kita kunjungi di Nikko National Park, salah satu yang populer adalah kuil Nikko Tosho-gu. Kuil Nikko Tosho-gu adalah situs peninggalan dunia yang merupakan tempat peristirahatan dari shogun pertama Keshogunan Edu yaitu Tokugawa Leyasu. Shogun Keshogunan Edu telah memerintah Jepang selama lebih dari 250 tahun sampai tahun 1868. Kuil yang berupa bangunan pagoda lima tingkat ini terletak di sebelah kiri pintu masuk utama area kuil Tosho-gu.


Karena cuaca yang kurang mendukung, tak banyak tempat yang dapat kami lihat. Namun demikian perjalanan ke Nikko National Park tetap lah tak sia-sia :).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *