Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis TIK

Seperti yang sudah saya janjikan ke kawan Guru, ini adalah hasil pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis TIK yang saya ikuti selama 3 hari di SMU unggulan M.H.Thamrin.

Pada pelatihan ini kami akan membuat e-book atau kita mengenalnya dengan buku digital atau elektronik. Buku digital adalah versi elektronik dari buku. Layaknya sebuah buku maka pada buku elektronik selain informasi berupa teks kita juga bisa menyisipkan gambar atau foto. Kelebihan e-book diantaranya adalah ukuran file yang kecil, adanya fitur search untuk memudahkan kita mencari informasi.

Buku digital memiliki banyak format file. Masing-masing format memiliki kelebihan dan kekurangan serta tergantung pada alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.

Beberapa format buku elektronik yang populer adalah: pdf, lit, jpeg, docx, html, Format Open Electronic Book Package.

Format Open Electronic Book Package ini menurut Wikipedia dikenal sebagai OPF Flipbook. Format ini berbasis pada XML yang dibuat oleh sistem buku elektronik. Buku elektronik dalam format ini dikenal saat FlipBooks sebagai piranti lunak penyaji menampilkan buku dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). Terdapat suatu proyek yang sedang berjalan yang berupaya agar format OPF ini dapat dibaca menggunakan penjelajah Internet standar (semisal: Mozilla, Firefox, atau Microsoft Internet Explorer), tanpa perlu adanya perlengkapan (piranti lunak, plugin) tambahan. Saat ini untuk melihat buku elektronik dalam format OPF sehingga diperoleh rasa benar-benar membuka buku (flipping experience) diperlukan piranti lunak penyaji pada sisi klien atau pengguna.

Pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis TIK disampaikan oleh Ibu Nia dari LPMP DKI Jakarta. Beberapa materi presentasi Beliau dapat diunduh di bawah ini:
1. Mengembangkan bahan ajar berbasis TIK, klik di sini.
2. Pembelajaran berbasis IT, klik di sini.
3. Pembuatan Storyboard, klik di sana.
4. Penyusunan Bahan Ajar, klik di sini.
5. Panduan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis TIK, di sana.
6. Contoh satu dan dua.

Sebagai latihan pertama, kami ditugaskan untuk membuat storyboard.
Untuk pembuatan storyboard kami menggunakan program presentasi. Pemilihan program presentasi karena setiap kelompok nantinya akan dipilih secara acak untuk menayangkan storyboard dari e-book yang akan mereka buat.

Langkah berikutnya adalah membuat materi e-book di program pengolah kata untuk kemudian disimpan dalam format pdf.

Seperti telah dipaparkan di atas, pdf adalah juga format buku digital. Nah, selain format pdf kami juga akan membuat e-book dengan format OPF Flipbook dengan menggunakan program gratis Martview. program ini dapat Anda unduh di sini.

Berikutnya, buka program pdf yang telah kita buat tadi. Tunggu sampai proses convert selesai. Tada, buku digital sudah selesai. Laiknya tampilan buku cetak, Anda bisa membuka-buka buku digital ini serupa membalik halaman buku cetak. Anda bisa menyimpan buku digital ini dalam beberapa format antara lain jpg, pdf, dll. Untuk membuka file e-book ini kembali Anda harus membuka program Martview terlebih dahulu.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa melampirkan buku digital buatan Anda ini ke dalam blog seperti Anda menempelkan slide presentasi ke dalam blog dengan menggunakan bantuan aplikasi Slideshare. Caranya mudah. Buat akun di scribd.com. Alamat situs Scribd ada di sini https://www.scribd.com
Selanjutnya, upload file buku elektronik berformat pdf milik Anda. Pilih menu Share lalu Embed. Kemudian salin dan rekat skrip kode embed ke dalam blog Anda. Selesai 🙂

Ini contohnya:

Mari Berkebun by enggar70

Oya, untuk Matview beberapa kali saya mengalami error untuk proses penyimpanan. Belum saya coba kembali. Namun jika kawan Guru tertarik, Anda bisa mencoba program e-book lainnya seperti Callibre dengan format epub3. Epub3 termasuk format e-book yang paling banyak digunakan oleh aplikasi pembuat buku elektronik.

One thought on “Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis TIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *