Cloud Storage

Cloud Storage merupakan salah satu teknologi dari Cloud Computing atau Komputasi Awan. Cloud Storage sendiri adalah media penyimpanan data di awan. Awan adalah metafor dari kata internet.

Dengan cloud storage maka pengguna internet melakukan penyimpanan dan pemrosesan data (file) secara online.

Contoh pengembangan layanan ini adalah: Dropbox, Google Drive, dan Evernote.

Dropbox adalah layanan penyimpanan data berbasis web cloud yang memungkinkan para pengguna untuk menyimpan serta berbagi data dengan pengguna lain di internet. Keunggulan sistem dropbox adalah dapat melakukan sinkronisasi data secara langsung baik dari satu desktop ke desktop lain namun juga dapat berjalan di berbagai platform seperti Windows, Mac OS X, Linux, Android, Iphone, Ipad, Blackberry, Windows Phone, WebOS.

Selain itu Dropbox juga dapat dijadikan file hosting untuk website atau blog. Maksudnya adalah Anda dapat menyimpan gambar atau file download lainnya di sana, yang nantinya dapat diunduh secara langsung. Layanan file hosting ini akan menguntungkan bagi Anda yang memiliki web atau blog, sehingga tidak membebani server web yang digunakan dan dapat menghemat bandwith tentunya ^-^.

Dropbox didirikan oleh Drew Houston dan Arash Ferdowsi di tahun 2007.

Akun free Dropbox menawarkan ruang penyimpanan sebesar 2 giga. Oya, pastikan Anda tidak menginstal dropbox di tempat umum seperti warnet. Karena file-file yang Anda letakkan di komputer warnet tersebut dapat dibaca dan diambil oleh pengguna warnet lainnya.

Selain Dropbox ada Google Drive dan Evernote. Untuk google drive, jika Anda telah memiliki akun gmail, maka fasilitas google drive sudah otomatis terpasang. Dan jika suatu saat Anda ingin mengirim lampiran berupa file dengan kapasitas yang besar maka gmail akan menawarkan layanan google drive ini. Google Drive sekarang juga memberikan layanan hosting berupa penyimpanan data-data web berupa HTML, Javascript dan file lainnya yang bisa diunduh.

Menurut beberapa praktisi langkah terbaik untuk mengelola web tak perlu menggunakan Google Drive, karena hosting di sini lebih bersifat “Public Cloud Storage”. Jadi, bisa saja file-file Anda diambil dan dicopy oleh orang lain. Tentu saja Anda tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan? Jadi, gunakan Google Drive untuk menyimpan file-file yang sifatnya umum.

One thought on “Cloud Storage

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *