Pivot vs Stykz

Pivot adalah program stik animasi yang dapat diunduh gratis di internet. Program lain yang memiliki kesamaan dengan Pivot ini adalah Stykz. Terima kasih untuk Muhammad Ariandra yang telah mengirimkan karya file animasinya. Tolong sampaikan salam hormat Ibu untuk Bapak guru TIK mu ya. Melalui Ariandra, saya mengetahui program Stykz ini. Muhammad Ariandra adalah siswa di SDI Al Azhar 30, Bandung. Ariandra mengirimkan beberapa karya yang ia buat dengan menggunakan program animasi serupa Pivot. (Pivot adalah program animasi yang saya kenalkan kepada siswa Sekolah Dasar Kelas 4 yang ada pada buku Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Penerbit Erlangga, dengan tujuan mengenalkan konsep animasi).

Ini adalah tampilan program Stykz.
stykz
Walaupun tampak serupa, sesungguhnya program ini memliki beberapa fitur dan metode yang berbeda dengan Pivot. Untuk mengetahui perbedaan yang ada antara Pivot dan Stykz dapat dilihat di sini.

Sama dengan Pivot, Stykz pun dapat diunduh gratis melalui webnya di sini. Salah satu yang menarik adalah kamu dapat meng-import file animasi dengan format .stk yang pernah kamu buat di Pivot 2 dan Pivot 3 di Stykz. Sementara Stykz belum dapat meng-impor file dengan format .piv.

Kelebihan lainnya Styks dapat menyimpan file animasi dengan format gif animasi (Animated GIF formats). File gif dapat dijalankan di program QuickTime Movie.

Singkatnya, Stykz memang menawarkan fitur yang lebih banyak. Salah satunya memudahkan pembuatan movie yang dikumpulkan dari koleksi file animasi stikmu. Langkahnya cukup mudah. Pertama, ekspor file animasi yang telah kamu buat ke dalam format gif animasi di program Stykz. Selanjutnya, buka program Movie Maker. Unggah semua file animasi dengan format gif animasi yang telah kamu buat. Kemudian, lakukan editing dan pengaturan untuk file video-nya. Semua langkah memasukkan file movie di program Movie Maker dapat kamu lihat di buku TIK Kelas 4.

Baik Pivot dan Stykz dapat kalian gunakan. Untuk tingkatan lebih lanjut kalian dapat mencoba sendiri berbagai fitur yang ada. Nah, ada yang ingin mengirimi karya animasinya di sini? Ibu tunggu ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *