Bulan Biru

Kemarin malam atau tepatnya tanggal 31 Agustus 2012 terjadi fenomena alam yang disebut dengan Bulan Biru. Bulan biru termasuk fenomena alam yang langka karena terjadi setiap 3 tahun sekali. Apakah bulannya benar-benar berwarna biru? Dan kenapa?

Warna biru pada bulan itu hanya kiasan saja. Bulannya sendiri tidak berwana biru. Warna bulan tetap saja kelabu, hanya saja pada saat itu bulan diselimuti oleh banyak debu angkasa, sehingga menyebabkan bulan akan tampak berwarna biru jika dilihat dari bumi.

Kelebihan lainnya, diperkirakan bulan tampil sempurna atau bulat penuh. Dan kita dapat melihat dengan mata telanjang bentuk permukaan bumi dengan jelas. Ada yang mengatakan permukaan bulan ada yang berbentuk kelinci, anak burung, wayang, dan lain sebagainya.

Oya, bulan biru disebut juga purnama kedua. Purnama pertama terjadi pada tanggal 1 Agustus. Mengapa bulan biru kali ini begitu istimewa? Ini tak lain adalah karena kemunculannya tepat seminggu berpulangnya astronaut pertama yang menjejakkan kakinya di bulan. Ia adalah Neil Amstrong.

Nah, penasaran? Berikut ini adalah berbagai bentuk bulan yang sempat diamati pada tanggal 31 Agustus dan 1 September. Untuk saya, bentuk permukaan bulan memang tampak terlihat biru yang samar pada malam ini, tanggal 1 September 2012. Sebaliknya kemarin malam permukaan bulan tidak tampak jelas, mungkin karena mendung ya?

Blue moon, 31 Agustus 2012

Tanggal 1 September 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *