Belajar Tiada Henti

Terbit: Jilid 1 dan Jilid 2 TIK KTSP untuk SD


Untuk rekan pengajar, telah terbit buku mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Dasar Jilid 1 dan Jilid 2 dari Penerbit Erlangga.

Jilid lainnya telah selesai final review dan menunggu antrean cetak di penerbit. Diharapkan sebelum memasuki tahun ajaran baru semua jilid sudah bisa didapatkan di toko buku.

Apa yang berbeda dengan buku sebelumnya? Hmm… dibilang berbeda tidak juga tapi dianggap tidak berbeda sebenarnya banyak juga perubahannya. Baiklah, kira-kira ini isi buku TIK KTSP 2012:
1. Kegiatan
Untuk kegiatan ada 2: menggunakan komputer dan yang tidak.
Setiap kegiatan mengandung nilai-nilai Pendidikan Karakter Budaya Bangsa dan terintegrasi dengan mata pelajaran lainnya.
2. Permainan
3. Soal Pilihan Ganda di setiap bab
4. Soal untuk ulangan semester
5. Kabar Teknologi
6. Referensi situs-situs pendidikan berisi permainan dan materi pembelajaran

Di kelas 5 dan 6 sedikit saya kenalkan dengan teknologi terbaru di dunia IT yaitu Augmented reality beserta contoh sederhana yang mungkin dapat Bapak/Ibu guru terapkan atau praktikkan bersama dengan siswa.

Untuk kelas 4 dan 6 ada pelajaran membuat animasi sederhana dan membuat video dengan menggunakan program animasi open source.

Di kelas 6 anak akan mengenal dunia film animasi beserta seluruh elemen tenaga ahli yang terkait di dalamnya. Anak akan belajar menjadi sutradara, scriptwriter, membuat story board, dan lain-lain. Dan di akhir pembelajaran anak akan membuat sebuah projek film animasi. Mereka akan bekerja secara berkelompok.

Seluruh file dan program yang dibutuhkan akan saya lampirkan di bog ini di halaman Erlangga. Link ke situs resmi program-program tersebut juga akan saya berikan. Anda dapat mengunduhnya secara gratis karena program-program tersebut Open Source. Untuk contoh dan latihan adalah milik saya dan Penerbit. Anda boleh mengunduh dan menggunakan secara bebas. Namun jika Anda menggunakan untuk keperluan komersial dimohon mencantumkan alamat blog ini sebagai sumber.

File dan Program akan saya lampirkan setelah semua jilid terbit. Atau mungkin saya cicil sesuai dengan jilid buku yang terbit lebih dahulu.

Peta Konsep dan silabus sudah ada di dalam buku. Untuk RPP Bapak dan Ibu guru bisa merancangnya sendiri. Insya Allah jika saya sempat, akan saya tulis di blog ini di kategori Perangkat Pembelajaran untuk setiap kelas. Satu contoh RPP untuk satu kelas. Berikutnya, Bapak Ibu bisa melanjutkan dan membuat yang lebih baik.

Jika ada pertanyaan, silakan menghubungi saya melalui email atau tinggalkan komentar di bawah ini.

Terima kasih atas perhatiannya.

Salam dan semoga bermanfaat

1 Comment

  1. Didi & Friends

    Didi & Friends

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.