Mengenalkan TIK di usia dini

Dahulu pernah ada yang bertanya apakah saya mempunyai bahan pengajaran mengenalkan TIK untuk anak TK (Taman kanak-kanak). Saat itu saya hanya menjawab tidak. Mungkin karena beberapa kesibukan saya lupa bahwa saya berniat sedikit menuliskan pengalaman ketika saya mengajar komputer untuk anak-anak usia ini.

Pengalaman pertama saya mengajar anak-anak usia 3 tahun ke atas adalah ketika saya mengajar di sebuah lembaga pendidikan komputer. Untuk anak-anak usia 3-5 tahun biasanya tidak melulu di depan komputer. Dari 1 jam waktu yang diberikan anak-anak usia tersebut biasanya hanya bertahan sampai 30 menit. Sisanya kami berikan tugas offline, seperti mewarnai, menggambar, bermain lego, membuat origami dan tugas ketrampilan lainnya.

Untuk pengajaran komputernya sendiri lebih banyak menggunakan program-program permainan, seperti belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mewarnai, menggambar, dan lain-lain. Ada juga program-program petualangan atau melacak jejak yang menarik minat dan rasa ingin tahu anak-anak. Permainan-permainan ini membantu mengembangkan daya nalar anak-anak. Sifat mandiri dan kepercayaan diri mereka pun tumbuh perlahan.

Ada banyak program gratisan di Internet ini, begitu pula dengan lembar kerja yang kita perlukan. Anda hanya tinggal mengunduhnya.Atau, Anda juga bisa membaca buku cerita bergambar tentang teknologi yang pernah saya tulis beberapa tahun lalu. Isinya masih layak dengan kondisi saat ini. Dan ada CD di dalamnya. (Bukan keharusan kok..hehe). Untuk jelasnya bisa masuk ke sini dan sana.

Saya menulis ini karena belum lama juga ada yang menanyakan kepada saya mengenai pembelajaran komputer untuk anak taman kanak-kanak. Saya memang tidak (belum) menulis buku pengajaran TIK untuk anak-anak usia dini. Tulisan saya di atas mudah-mudahan bisa sedikit membantu Bapak/Ibu guru yang mencari atau memerlukan bahan pengajaran untuk anak taman kanak-kanak. Dan saya sepenuhnya yakin, dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat dewasa ini rasanya anak-anak kita di usia ini sangat cepat beradaptasi.

Namun demikian alangkah baiknya para guru dan orang tua juga memberikan pemahaman tentang apa itu teknologi dan bagaimana sebuah teknologi dapat membantu mereka, sehingga anak-anak kelak dapat memanfaatkannya dengan baik.

Sinopsis untuk cerita bergambar seri Pengenalan Komputer.

2 thoughts on “Mengenalkan TIK di usia dini

  1. Pingback: Belajar Tiada Henti Blog Archive Mengenalkan Tik Di Usia Dini - Tempat Wisata Indonesia

  2. Pingback: MENGENALKAN TIK SEJAK DINI | IT Teacher COMUNITY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *