Teleskop Hubble

Selalu ada fakta dan hal-hal menarik setiap kali membaca buku Jostein Gaarder. Oh ya, Beliau dikabarkan akan datang ke Indonesia bulan oktober ini.

Di buku gadis jeruk, Jostein bercerita banyak tentang Teleskop Ruang Angkasa Hubble. Teleskop Angkasa Hubble adalah teleskop luar angkasa yang berada di orbit bumi. Sebagian besar benda-benda angkasa yang dapat ditemukan dan berhasil diidentifikasi adalah berkat jasa teleskop Hubble ini. Termasuk di antaranya lubang hitam, galaksi, supernova, sampai tabrakan bintang.

Teleskop ini telah mengambil gambar-gambar yang menakjubkan tentang masa lalu alam semesta. Bagaimana mungkin? Walau terdengar absurd inilah penjelasannya:

“Sesungguhnya melihat ke ruang angkasa itu sama dengan melihat ke masa lalu”

Jika kita melihat planet yang jaraknya 100 juta tahun cahaya itu sama artinya kita melihat masa kehidupan planet itu di 100 juta tahun yang silam.

Jostein menggambarkannya seperti ini:
Cahaya bergerak dengan kecepatan 300.000 kilometer per detik. Biarpun begitu, cahaya dari galaksi-galaksi yang jauh butuh waktu miliaran tahun untuk sampai kepada kita karena alam semesta ini tak terhingga luasnya. Teleskop ruang angkasa Hubble telah mengambil gambar-gambar galaksi yang jauhnya lebih dari dua miliar tahun cahaya. Ini juga berarti bahwa teleskop itu telah melihat masa lalu alam semesta dua miliar tahun yang silam.

Bukankah menakjubkan? Bahkan teleskop ruang angkasa Hubble nyaris bisa melihat langsung ke dentuman besar ketika ruang dan waktu tercipta.

One thought on “Teleskop Hubble

  1. Wah..penjelasannyaa menarik sekali. Sangat sulit mencerna tulisan jostein pada saat membacanya.tapi saat menutup halaman terakhir,rasanya menjadi ‘kaya’ sekali.
    Salam kenal 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *