Public Domain

Domain publik secara umum didefinisikan sebagai karya-karya yang dapat digunakan secara luas, karena tidak memiliki hak cipta atau hak ciptanya telah berakhir (kadaluarsa).

Untuk menggunakan karya-karya ini tidak ada izin apapun yang diperlukan. Karya-karya mereka umumnya mewakili informasi penting yang dibutuhkan di kalangan akademik. Untuk lebih lengkap dapat dilihat di sini dan di sini.

Pertanyaannya: Untuk dan dalam kondisi apa kita menggunakan karya-karya public domain?

Seandainya Anda suatu hari ingin membuat presentasi yang disimpan dalam bentuk digital atau di halaman web, dan dapat diakses oleh siapapun, maka pastikan Anda menggunakan karya-karya domain publik ini. Seringkali pada sebuah presentasi kita ingin memasukkan foto, atau menambahkan musik sebagai latar, maka alangkah baiknya memperhatikan hal-hal yang tampak kecil tapi sesungguhnya sangat penting.

Saya pun baru menyadari hal ini setelah harus berkutat membuat media pembelajaran sendiri. Hal yang hampir terlewatkan oleh saya namun bisa jadi sangat fatal juga akibatnya.

Maka, saya berusaha mencari tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh saya lakukan. Kali ini saya akan berbagi cara untuk mendapatkan musik sebagai latar yang paling sering kita gunakan ketika membuat sebuah presentasi.

Wikipedia adalah rujukan yang saya gunakan. Mengapa? Karena karya yang ada di dalamnya sudah memenuhi ketentuan sebuah karya public domain. Berikut ini adalah langkahnya.

1. Masuk ke situs wikipedia di sini.
2. Berikutnya, ketikkan lagu yang Anda inginkan di tombol Search. Misal: Symphony No.5 (Beethoven).

3. Di halaman Beethoven, carilah logo seperti di bawah ini. Klik tombol Play Sound.

4. Klik pilihan More di bawah tombol Player.

5. Klik kanan mouse di pilihan Download file. Pilih Open Link in new tab.

6. Di tab yang baru, pilih menu Firefox. Klik Save Page As. File musik akan disimpan dalam format ogg. Ogg adalah format untuk video dan audio yang free. Detail tentang ogg dapat dibaca di sini.
7. Langkah selanjutnya adalah meng-convert format ogg menjadi format standar mp3. Kita lanjutkan di tulisan yang berikutnya ya.

One thought on “Public Domain

  1. Pingback: Belajar Tiada Henti » Blog Archive » Convert ogg to MP3 -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *