RPP dan Silabus

Apa pentingnya RPP?

Untuk saya RPP berperan besar dalam membantu mengenali perkembangan proses pembelajaran bersama siswa. Ketika mengajar saya terbiasa membawa RPP. Selain berfungsi sebagai panduan ketika mengajar, lembar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran saya biasanya penuh dengan coretan.

RPP yang saya buat tentu masih memerlukan banyak perbaikan. Seringkali RPP yang telah saya buat, saya sadari kekurangannya justru ketika saya sedang mengajar. Walaupun tampaknya kita mengajar materi yang sama namun aplikasi dalam praktiknya tidaklah selalu sama. Teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang, minat dan pengetahuan siswa pun mengalami perubahan. Maka sangat lah wajar jika isi RPP kita pun setiap tahunnya mengalami perubahan.

Begitupun dengan RPP yang saya coba buat di blog ini. Selebihnya rekan-rekan pengajar dapat menyesuaikan dengan kondisi siswa dan sekolah masing-masing. Perkiraan beban materi dan waktu tidak harus sama dengan yang tercantum. (Oya, kategori penilaian juga belum bisa saya lengkapi. Mudah-mudahan Bapak/Ibu pengajar dapat menambahkannya sendiri.)

Sebagai tambahan untuk beberapa pertanyaan yang seringkali saya peroleh baik di email dan di blog, semua silabus dan RPP untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SD dapat Anda unduh di halaman Erlangga di blog ini juga. Silakan klik di sini: http://enggar.net/erlangga/

Dan khusus untuk RPP, saya baru bisa membuatkan beberapa contoh saja dari setiap kelas. Sementara ini dapat Anda baca dari tulisan di blog ini di kategori Perangkat Pembelajaran. Rencananya contoh RPP TIK SD ini juga saya letakkan di halaman Erlangga di blog ini juga dalam format pdf agar Anda dapat mengunduhnya.

Oya, silabus dan RPP ini mengacu pada buku paket Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Dasar dari Penerbit Erlangga.

Jika Anda menggunakan buku lain, kemungkinan isi silabus dan RPP berbeda. Namun tidak menjadi masalah jika Anda ingin mempelajarinya, karena nantinya Anda dapat mengubah RPP sesuai dengan silabus dari buku paket yang Anda pakai.

Mengapa berbeda? Karena seperti kita ketahui, untuk mata pelajaran TIK SD, dari Diknas sebenarnya tidak ada kurikulumnya. Dan karena TIK masih masuk dalam muatan lokal maka setiap sekolah diberi kebebasan untuk tidak atau mengadakan pelajaran TIK ini.

Dalam halnya Erlangga, buku Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Dasar yang diterbitkan itu disesuaikan dengan standar isi KTSP, dengan beberapa materi pengajaran yang mengacu pada kurikulum untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama, yang tentu saja isinya dimodifikasi dan disesuaikan dengan kemampuan siswa didik untuk tingkat sekolah dasar.

Mudah-mudahan silabus dan RPP ini cukup membantu bapak dan Ibu guru di sekolah.


Dokumentasi: dari sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *