Memasukkan file di WordPress

Bagaimana membuat halaman khusus untuk unduh file di wordpress? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Membuat halaman baru (Page)

Halaman statis  (Page) di wordpress biasanya berisi tentang riwayat penulis (About) dan hal-hal lain yang dipisahkan dari halaman utama. Di sini kita akan membuat halaman khusus tempat untuk koleksi file yang dapat diunduh oleh pengunjung blog Anda.

Pertama, masuk ke dashboard di akun wordpress. Klik di opsi Pages. Selanjutnya klik Add New, untuk membuat halaman baru.

Ketikkan judul untuk halaman baru, misalnya: File Download. Dan ketikkan keterangan singkat mengenai halaman ini. Selanjutnya, klik ikon Add Media, yang terletak di deretan toolbar Upload/Insert.

Akan muncul jendela seperti di bawah. Kotak Browse, untuk meletakkan file yang akan Anda upload. Kemudian klik Upload.

Tunggu sampai muncul keterangan file yang akan Anda upload. Klik Insert into Post.

Nama file akan tampak di badan surat (dinotasikan oleh warna biru). Klik Publish. Untuk melihat hasilnya klik Visit Site di sebelah nama blog Anda.

Pada tampilan muka blog Anda akan tampak halaman (Pages) baru yang diberi nama “File Download.” Klik pages tersebut.

Nama file yang tadi Anda masukkan akan tampak di halaman file download. Jika Anda ingin menambahkan koleksi file lainnya, Anda tinggal masuk ke halaman File Download dan menambahkan file baru, seperti langkah-langkah yang telah diterangkan di atas.

File-file ini dapat diunduh oleh pengunjung Anda. Untuk mengunduhnya, teman atau rekan Anda cukup mengklik file yang akan diunduh. Akan muncul tampilan seperti berikut ini. Beri tanda centang pada kotak Save File dan klik OK.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

9 thoughts on “Memasukkan file di WordPress

  1. Seneng sekali mbak masuk ke blog anda. Saya sedang belajar blogging, kebetulan juga guru, formal di depan kelas, juga fasilitator dlm pemberdayaan kelompok basis.

  2. Pingback: Mengupload File Ke dalam Blog Wordpress « Eko Rini's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *