Lubang Hitam

Apa sih lubang hitam itu?

Hei, tahukah kamu matahari adalah sebuah bintang? Dan seperti makhluk hidup lainnya, bintang pun berevolusi. Bintang mengalami proses kelahiran, berkembang dan kemudian mati. Kapankah sebuah bintang dinyatakan mati? Bintang mati jika bahan bakar yang ia miliki telah habis. Bintang yang telah kehabisan bahan bakarnya ini akan meledak. Ledakan ini disebut supernova. Hmm, mengingatkan pada sekuel novelnya Dee yang berjudul Supernova itu?

Tapii… hmm.. tapii.. apakah kelak matahari kita pun akan mati? Ya, matahari itu bintang bukan? Dan seperti bintang lainnya dia pun akan mati. Apakah itu artinya kiamat? Wah, tak ada seorangpun yang bisa menjawab kapan kiamat akan terjadi.

Bintang yang meledak akan mengeluarkan bola besar gas dari lapisan luar bintang yang semakin mengembang keluar, dan akan mendorong bagian tengah bintang ke dalam. Kalau bintang tersebut ukurannya lebih dari beberapa kali ukuran matahari kita, maka sebuah lubang hitam akan terbentuk.

Lubang-lubang hitam yang jauh lebih besar akan terbentuk di dalam kumpulan bintang-bintang dan di pusat galaksi. Galaksi kita, Bima sakti, mempunyai lubang hitam di pusatnya yang besarnya beberapa juta kali matahari kita. Woww.. terdengar menakutkan ya?

Tubrukan antara lubang hitam dan benda-benda lain akan membentuk sebuah lubang hitam yang semakin lama semakin besar akan menelan apapun yang berada terlalu dekat dengannya. Kok bisa? Karena lubang hitam mempunyai gaya gravitasi yang sangat besar yang memungkinkan ia menarik semua benda-benda yang ada di dekatnya. Bahkan cahaya pun akan tertarik kembali tanpa bisa melepaskan diri.

Apakah kita bisa melihat lubang hitam?
Bayangkanlah jika kamu masuk ke dalam sebuah ruang yang gelap gulita dan di dalamnya kamu sedang mencari bukumu yang berwarna hitam. Hii.. dapatkah kamu melihatnya?

Lubang hitam tidak bisa diliat tapi ia dapat dideteksi dari pengaruh gravitasinya menarik benda-benda lain itu. Seperti: kita bisa melihat bintang-bintang yang beredar mengelilingi sesuatu yang tidak bisa kita lihat. Atau gas dan debu beredar mengelilingi sesuatu yang tak tertangkap oleh indra penglihatan kita.

Ingat film startek yang diputar awal pertengahan tahun 2009 ini? Nah, di sana digambarkan tuh waktu salah satu pesawatnya ada yang tertarik ke dalam lubang hitam. Dahulu orang percaya bahwa tak ada sesuatupun yang bisa keluar dari lubang hitam. Ternyata gambaran seperti itu tidak tepat. Dengan radiasi Hawking diketahui bahwa sesuatu bisa keluar dari sebuah lubang hitam.

Hmm… jika, seandainya nih ada makhluk hidup jatuh ke lubang hitam, apa yang akan terjadi ya?

  1. Terperangkap selamanya di lubang hitam
  2. Bisa keluar dari lubang hitam
  3. Terkoyak
  • Pilih jawabannya dan hati-hati sama pertanyaannya ya.

    dokumentasi: http://spaceosaur.co.uk/2586/video-whats-inside-a-black-hole/

    One thought on “Lubang Hitam

    1. masuk ke lubang hitam….. mmm…. kalo bisa keluar lagi seeh tuh makhluk hidup bakalan jadi item deh seluruh tubuhnya (lmao) *sangat hati2 kan jawaban saya bu*

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *