Buku TIK SD sesuai standar KTSP

Rekan dan teman, buku TIK SD yang disesuaikan dengan standar KTSP dari penerbit Erlangga telah selesai seluruhnya. Untuk silabus dan contoh RPP dapat Anda unduh di sini. Mohon maklum untuk RPP tidak bisa saya buat seluruhnya.

Oya, saya lampirkan beberapa tambahan materi, yang mungkin Bapak/Ibu perlukan. Anda dapat meng-unduhnya di halaman yang sama. Saya akan cicil melalui blog ini.

Saya juga menyadari bahwa banyak kekurangan pada buku tersebut, untuk itu kritik dan saran Anda sangat saya harapkan. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat.

update:

Teman, sepertinya ada kekeliruan di file silabus tik KBK jilid 2. File-nya tertimpa dengan silabus tik ktsp. Untuk sementara file silabus jilid 2 dengan standar KBK jangan diunduh dulu. Maaf kan ya.

27 thoughts on “Buku TIK SD sesuai standar KTSP

  1. Pingback: TIK SD & SMP » Blog Archive » Buku Paket

  2. Fajar:
    Sila, Fajar.
    Fikar:
    Saya tidak buat buku untuk TIK SMP. Tapi untuk silabus nanti saya cari file-nya dulu ya. File2 saya hilang kemarin kena virus dan belum sempat di back up :(. Paling ada hardcopy nya.

  3. Menurut saya, materi TIK tidak harus sesuai dengan yang diberikan pemerintah (KTSP). Kalau standar KTSP sudah bisa dicapai oleh siswa, sebaiknya harus mencari alternatif lain yang lebih pas dengan siswa dan ini berlaku untuk sebaliknya. Saat ini saya menagajar TIK untuk SMA.

  4. Assalamu’alaikum… terimakasih sudah ada buku TIK KTSP untuk SD.. kebetulan sekali saya sangat membutuhkannya

  5. Setuju, Pak. Di buku TIK SD sebenarnya tidak ada KTSP. Kurikulum yang saya jadikan acuan adalah KTSP TIK untuk SMA dan modifikasi sendiri. Jadi di buku yang saya buat sebenarnya tersedia 2 pilihan. Jika siswa bisa diberikan materi yang lain mungkin buku TIK dengan standar KTSP ini bisa dilirik-lirik sedangkan untuk tahap awal buku dengan standar KBK pun masih layak pakai. Saya rasa itulah tujuan dari adanya KTSP. Kebebasan untuk guru berkreasi. Di tempat saya mengajar pun selain mengajarkan materi yang terdapat dalam KTSP kami juga memberikan bahasan yang lain. Terima kasih sarannya.

  6. Bu enggar.. saya mulai mengajar TIK untuk SD, tapi dimaasukkan menjadi extra kulikuler, yang saya mau tanyakan, bagaimana cara penyampaian materi dan praktek jika alat yang digunakan terbatas, dalam 1 SD hanya ada 2 computer saja, dan setiap kelompook terdiri dari 10 siswa, mohon bantuan solusi jalan keluar

  7. Btw kalo boleh minta alamat email ibu pribadi untuk kosultasi, kalo bisa mohon balas ke email saya

  8. Dwi:
    Selamat ya, Pak. Pada intinya saya hanya ingin share, bisa saja pengalaman atau penerapan pembelajaran yang pernah saya lakukan tidak sesuai di tempat Bapak. Jadi saran saya Bapak bisa mencoba dengan cara trial and error. Sebelumnya berapa jam untuk setiap kegiatan tatap muka? Karena ini ekskul artinya tidak terpaku pada kurikulum. SD kelas berapa?

    Contoh berikut ini saya asumsikan untuk semua kelas. Dan mereka sudah bisa sedikit menggunakan mouse dan keyboard.

    Bapak bisa persiapkan semacam bingo atau lembar latihan. Seperti gambar alat-alat perangkat komputer yang nantinya bisa diwarnai. Kalau saya tidak salah menafsirkan, dalam satu kelas ada 10 siswa dan 2 komputer. Bapak bisa membagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama berikan laembar latihan yang akan dikerjakan siswa sementara Bapak berkonsentrasi pada kelompok kedua. Bawa 5 anak ke satu komputer. Anak-anak sangat menyukai warna. Buka pengolah kata (Word atau Writer). Demonstrasikan cara membuat teks dengan wordart. Misalnya Bapak bisa mengatakan dengan menyebutkan ikon (gambar) dari wordart, notasikan ikon itu dengan sesuatu yang mereka kenali. Kemudian pilih bentuk dan ketik nama salah satu anak. Setelah Bapak beri contoh kepada kelompok pertama, minta mereka semua berkumpul di satu komputer. Secara bergantian minta mereka mengetik nama masing-masing. Biarkan mereka mencoba.

    Biasanya saya tidak memaksakan untuk mengajarkan banyak hal. Saya hanya tau mereka menyukai warna dan gambar. Dan itu yang coba saya tawarkan. Mungkin itu satu contoh saja. Bapak bisa menyelingi dengan permainan dan lagu. Intinya, dibuat menyenangkan saja, Pak. Terkadang tidak harus di depan komputer juga kok. Mungkin itu yang bisa saya share. Mudah-mudahan Bapak berkenan.

  9. saya ucapkan terima kasih, bu enggar bisa berbagi ilmu. saya guru TIK di SD bisakah saya salin ulang dan saya menambahkan bebearapa materi untuk menyesuaikan kondisi siswa saya

  10. @riyadi: silakan dan bisa Pak.
    @Dwi: coba liat di halaman files di blog ini.
    @Adi: wah, saya juga nggak tau Pak. Coba tanya ke pihak ganeca.
    @Agus: file yang ada di sini sila diambil, yang lainnya saya tidak punya.
    @Hadi: silakan Pak.

  11. Assalamu’alaikum.
    bu mohon maaf apa punya file pelajaran TIK tuk SD kelas 3?
    kalau punya mohon di kirim ke email saya.
    terima kasih.

  12. Wa’alaikum salam. Kalau file nggak ada Pak. Coba Bapak cari di toko buku, buku TIK SD Erlangga. Nanti file-file tambahan atau keperluan silabus dan RPP Bapak bisa unduh dari sini.

  13. aslm bu…utk rpp nya tidak ada yg untuk 1 buku ya?utk kelas 1 mi,bukunya sdh sama tpi hanya ada tatap muka 1 ya..pliss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>