Software Filter

Adakah rekan yang mengetahui program gratisan yang berfungsi untuk memfilter konten negatif? Saat ini saya sangat memerlukan program tersebut. Lab multimedia di sekolah kami digunakan oleh seluruh siswa dari TK sampai SMP. Untuk saat ini, akses internet hanya digunakan oleh murid-murid dari kelas 3 SD ke atas.

Yang saya amati, murid-murid sangat familiar dalam penggunaan search engine, seperti google, penggunaan friendster serta chatting di YM. Nah, yang menjadi perhatian pihak sekolah adalah, mereka tidak mengijinkan siswa-siswa nya untuk ber-friendster dan chatting. Yang ingin saya tanyakan, bisakah menutup akses untuk friendster ini? Kalau hanya menonaktifkan situs ini dari browser, siswa-siswa yang lebih besar (SMP) suka mengubah settingnya sendiri. Satu lagi, murid-murid suka men-download program, baik disengaja maupun tidak. Dampaknya tentu saja tidak terelakkan, virus dan rekan-rekannya. Bisa dibayangkan deh, akibatnya :). Kira-kira apa ya solusinya?

Oh, ya, satu lagi, program firewall adakah? yang gratisan tentu saja 🙂

6 thoughts on “Software Filter

  1. Kalau di Internet Explorer, fitur ini sudah tersedia scr built-in. Coba akses menu Tools – Internet Options – Pilih tab “Content”, lantas di kelompok “Content Advisor” klik “Enable”. Berikutnya, lakukan pengesetan level restriksi pada tab “Rating”; masukkan site yg perlu diblok di tab “Approved Sites”; dan terakhir, jangan lupa masuk ke tab “General” dan klik “Create Password” supaya menu ini tidak bisa diakses oleh sembarang user. (catatan: fitur ini saya coba di IE7, saya kurang tahu apakah di versi2 sebelumnya juga sudah tersedia).

    Untuk Browser Firefox, bisa memakai add on FoxFilter (bisa didownload di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/4351 )

  2. Untuk proteksi virus, saya sarankan memakai AVG Antivirus. Softwarenya gratisan Koq. Bisa didownload di http://free.grisoft.com/ . Untuk proteksi thd spyware/malware, bisa memakai Spybot Search and Destroy. Softwarenya juga bisa didownload scr gratis di http://www.safer-networking.org/ . (Setelah Spybot diinstall, jalankan programnya, klik icon Immunize (di sebelah kiri layar(, dan aktifkan fitur “Enable permanent blocking of bad addresses in Internet Explorer”.

    Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *