Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK

Depdiknas memberikan pelatihan dan pengembangan bahan ajar TIK ke sekolah-sekolah. Langkah yang patut diacungi jempol. Nah, pertanyaannya sekarang ‘bagaimana implementasi dari pelatihan ini di sekolah kelak?’.

Bahan ajar seperti apa yang dimaksudkan? Apakah membuat bahan ajar sendiri dengan menggunakan berbagai alat bantu program aplikasi, untuk kemudian disimpan dalam CD? Atau menggunakan CD bebas yang mendukung KBM di sekolah? Jika yang terakhir ini dilakukan apakah nanti tidak terbentur oleh adanya UU Haki?

Jalan tengah yang dapat dilakukan untuk pilihan terakhir adalah dengan menggunakan program-program gratisan atau lebih baik menggantikan (menggunakan) program open source. Namun, kembali lagi, akan muncul pertanyaan, apakah sekolah sudah siap melakukan perubahan dengan menggunakan sistim operasi open source jika ternyata permintaan pasar tenaga kerja tidak mendukung perubahan ini?

Atau, sebaiknya, singkirkan dahulu pertanyaan terakhir dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Untuk sementara, saya lebih memilih bagaimana membuat bahan ajar yang menarik minat siswa untuk belajar. Kalau pun CD bebas lebih bisa membuat siswa tertarik, tak apalah. Walaupun mungkin saya lebih memilih media Internet untuk memperoleh program freeware yang tidak menyalahi aturan. Bolehkan?

36 thoughts on “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK

  1. Salam kenal juga, Pak. Saya penulis dan dulu juga guru TIK. Pengin ngajar lagi tapi belum ada yang nawarin nih :). Bapak mengajar dimana? Senang bisa berkenalan dengan sesama guru (jiwa raga saya selalu merasa menjadi guru sih šŸ™‚ ).

  2. Sepertinya, kalau melihat ketersediaan infrastruktur untuk internet (melihat kualitasnya juga), mungkin akan lebih baik jika menggunakan CD interaktif…

  3. salam kenal. Dengan pak/mas Enggar nih? bersyukur sekali secara tidak sengaja saya menemukan web anda, terus terang selama ini saya kesulitan mencari bahan untuk pedoman mengajar TIK yg masi terhitung sebagai materi baru untuk kalangan SD. Link2 internet yg menyediakan freeware untuk pembelajaran TIK bisa saya dapat di mana ya? Soalnya kalo harus online, netnya ga kuat nih šŸ˜€ trima kasih

  4. Suandana:
    Sepertinya begitu. Kenapa ya Diknas tidak menggandeng para pengembang CD Interaktif untuk membuat CD pembelajaran di sekolah. Seperti Malaysia, yang sudah mulai menerapkan penggunaan ICT dalam pengajaran dan pembelajaran untuk bidang studi matematik dan sains. Pemerintah Malaysia sendiri menyiapkan CD bahan ajar yang akan diberikan kepada sekolah-sekolah yang tergabung dalam proyek ini.

    Arum:
    Salam kenal kembali, mbak. Saya perempuan lho:). Coba masuk ke halaman Erlangga di sini. File2 di sana bisa di unduh, mungkin bisa membantu. Untuk link program freeware banyak, salah satunya yang bagus di sini dan ini. Lainnya mungkin coba search di google.com dengan kata kunci ‘educational games’.

  5. “apakah sekolah sudah siap melakukan perubahan dengan menggunakan sistim operasi open source jika ternyata permintaan pasar tenaga kerja tidak mendukung perubahan ini?”

    itu resiko mas.. klo make yang gngga gratisan alias bajakan dan kena razia kan resiko juga

  6. Kangguru:
    Saya juga cuma denger berita nya kok Pak šŸ™‚

    Funkshit
    Iya, betul mas. Eh, aku perempuan lho. Kenapa banyak yang ngira aku laki-laki ya? šŸ™

  7. salam kenal mbak enggar, enak jg ngobrol tntang TIK kan slama ini jarang yg kaya gini.btw katnya pemerintah memberikan pelatihan dan pengembangan bahan ajar TIK ke sekolah2 tp mn y?pa skol trtntu z pdhal kt sbagi guru TIK perlu jg kan,masa dr dulu kt sndr yg nyari g prn dbantu.

  8. Dedy Dwitagama
    Terima kasih kunjungannya Pak Dedy.

    Luk
    Salam kenal juga Luk. Beritanya sih akan secara bertahap di semua sekolah. Tapi ndak tau juga ukuran semuanya. Mungkin untuk SMU/SMK Negeri?.

  9. Salam kenal kembali, mbak/bu Enggar. Terimakasih kunjungan dan komentarnya di web saya. Harapan kita semoga TIK di Indonesia semakin maju terutama untuk pemanfaatan proses pembelajaran di seeolah

  10. Halo bapak dan Ibuk,
    kenalkan, nama saya alief, saat ini sedang studi di Bremen, Jerman.
    Dgn seorang teman yang tertarik dengan bahasa indonesia, saya berencana untuk tandem dalam “pertukaran bahasa”. saya sendiri akan mempelajari bahasa jerman.
    tapi saya tidak tahu harus mengajari seperti apa….
    saya berharap ada dari bapak atau ibuk yang bisa mengirimi , katakanlah, modul, bahan ajar, ataupun skenario dalam mengajar bahasa indonesia. kalau ada, tolong dikirimkan ke email saya di alief_rio@yahoo.com.
    terima kasih sebelumnya….

  11. hallo, bapa dan ibu tolong kirim info tentang bahan tik dan kdnya buat saya, untuk sementara saya juga lagi belajar web tolong pak,ibu info tentang program apa yang cocok dengan sekolah saya,

    thanks

    ys

  12. Alief:
    Coba tengok blog ibu ini. Semoga membantu.

    Yunus:
    SD atau SMP, Pak? Kalau silabus SD coba lihat di halaman erlangga di sini. Untuk SMP saya belum sempat membuatkan.

  13. saya mencari bahan mengajar TIK, kalau bapak2 atau ibu2 punya. bisa ngak membagi bahan ajarnya karena daerah saya mengajar sulit untuk mendapatkan bahan ajar karena daerahnya pulau yang kecil

  14. Thanks banyak ya atas semua materinya… kalo ada lagi yang lain kirim donk alamat situs nya ke email aku biar bisa di download…. Ilmu kalo dibagi kan makin banyak bukan makin berkurang sekali lagi makasi banyak ya…

  15. Nasrun:
    Sama-sama, Pak. Bapak bisa liat tulisan-tulisan di kategori materi TIK di sini. Mudah-mudahan bisa membantu.

  16. Salam kenal kembali, Pak. Materi tambahan TK atau SD bisa diliat di sini dengan kategori Materi TIK. Untuk SD ada di buku paket TIK dari penerbit Erlangga. Atau Bapak bisa unduh file-file yang ada di halaman Erlangga. Thks.

  17. salam kenal pak, saya minta tolong di lampirkan bahan ajar untuk tik SMp kelas IX karena sangat membantu saya dalam mengajarka TIK.tahns.

  18. Salam kenal bu, saya minta tolong di lampirkan bahan ajar untuk TIK SMP kelas IX karena sangat membantu saya dalam mengajarkan TIK.Menurut saya kalo tidak dengan praktek langsung pelajaran teori saja di kelas IX sulit dimengerti oleh anak.

  19. Salam kenal ya..Tahun ini saya didaulat lagi untuk mengajarkan TIK kelas IX.Saya mengajar mengunakan buku panduan dan nyari informasi di internet.Siswa saya pun juga dapat menggunakan internet sekolah.Mohon kiranya bpk/ibu dapat mengirimkan bahan ajar untuk saya agar saya dapat memberikan kepada siswa untuk menghadapi ujian.Terima Kasih.

  20. ass.lam knal wat smua ja…sy guru tik sd, baru 8 bln ini ngajar.sedikit kesulitan krn anak2 didik lom bisa bersikap baik thd komputer…bikin psg aja…:(

  21. Udah nulis buku TIK untuk TK belum. Soalnya di TK saya baru akan diterapkan pembelajaran itu dan kebetulan saya disrh m,engampu, sementara saya belum punya referensi untuk itu. Thank you mbak enggar.

  22. saya seorang guru bhs Ing yg tertarik dgn TIK.. en ingin bisa belajar banyak tentang ini. thanks bwt Mb.enggar coz kliatannya hari ini sy bisa banyak belajar… ^_^

  23. Salam kenal mbak enggar juga….saya tertarik dg tulisannya mbak…boleh minta rujukan literaturnya, handbook u TIK nya<makasih

  24. @Enggar Utari: rujukan tulisan saya macam-macam mbak, paling banyak dari pengalaman, koran, artikel, buku, lesson plan dari internet. Biasanya saya tulis kok sumber rujukan saya di bawah tulisannya.

    Kalau untuk modul TIK coba lihat di halaman Erlangga dan Files di blog ini juga. File-file di sana boleh diunduh secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *