Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
No: 02
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas : 2 (dua) SD
Semester : I
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit (5 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar
Kompetensi Dasar : Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam pengolah gambar
Indikator :
- Memodifikasi pengaturan bidang gambar
- Mendemonstrasikan penggunaan ikon Pencil dan Copy
- Mendemonstrasikan pemberian efek Flip dan Rotate
- Mendemonstrasikan penggunaan ikon Curve
- Mendemonstrasikan pemberian efek Stretch dan Skew
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengenal dan menggunakan perangkat lunak pengolah gambar
Materi Pembelajaran
- Siswa dapat mengenal fungsi menu dan ikon aplikasi pengolah gambar
- Siswa dapat menggunakan menu dan ikon aplikasi pengolah gambar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (1×35 menit)
Kegiatan Pendahuluan (10’)
- Guru menyampaikan salam.
- Guru mengecek kehadiran siswa.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru mengawali pelajaran dengan mengajak siswa bertanya jawab.
Coba amati hewan-hewan yang ada di sekitarmu. Hewan apa sajakah itu?
Kucing, kelinci, anjing hidup di darat.
Berdasarkan tempat hidupnya hewan dapat digolongkan menjadi hewan yang hidup di darat, air, ataupun di darat dan di air.
- Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengkaitkan pelajaran komputer yang telah mereka peroleh di kelas sebelumnya.
Apakah kamu masih ingat nama program untuk menggambar yang telah kita pelajari minggu lalu?
Kegiatan Inti (15’)
- Guru memperlihatkan contoh gambar yang akan dibuat (gambar hewan kelinci, lihat halaman 6).
- Guru dan siswa berdiskusi mengenai tempat hidup hewan.
- Guru meminta siswa menyebutkan hewan-hewan lain dan tempat hidupnya (misalnya ikan di air, dan lain-lain)
- Guru mengelompokkan siswa. Guru meminta setiap kelompok membuat daftar hewan dan tempat hidupnya pada buku latihan atau selembar kertas. (Lihat lampiran 1)
- Guru membagi siswa ke dalam kelompok. Minta mereka menyalakan komputer dan membuka program pengolah gambar Paint. (Bagi siswa ke dalam kelompok jika jumlah komputer terbatas)
- Guru mengajak siswa untuk mengenali tampilan jendela program di layar komputer masing-masing.
- Guru mempraktikkan cara mengatur bidang gambar di Paint.
- Guru dan siswa mempraktikkan cara menggunakan ikon Pencil dan Select.
Kegiatan penutup (10’)
- Guru dan siswa mendiskusikan pembelajaran yang sudah dilakukan.
Pertemuan kedua (1×35 menit)
Kegiatan Pendahuluan (10’)
- Guru menyampaikan salam.
- Guru mengecek kehadiran siswa.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru mengawali pelajaran dengan menampilkan origami burung.
Adakah yang tahu hewan apakah ini?
Dapatkah kalian menyebutkan ciri-ciri burung? (Burung merupakan hewan bersayap, berkaki dua, dan bertelur)
- Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengkaitkan pelajaran komputer yang telah mereka peroleh di kelas sebelumnya.
Apakah kamu masih ingat nama ikon yang telah dipelajari minggu lalu?
Apa kegunaan ikon Pencil dan ikon Select?
Kegiatan Inti (15’)
- Guru memperlihatkan contoh gambar yang akan dibuat (gambar lebah, lihat halaman 9).
- Guru dan siswa berdiskusi mengenai cara bergerak hewan.
- Guru meminta siswa menyebutkan hewan-hewan lain dan cara bergeraknya (misalnya semut bergerak dengan cara berjalan atau berlari, burung bergerak dengan cara terbang, dan lain-lain)
- Guru mengelompokkan siswa. Guru meminta setiap kelompok membuat daftar hewan dan cara bergeraknya pada buku latihan atau selembar kertas. (Lihat lampiran 2)
- Guru membagi siswa ke dalam kelompok. Minta mereka menyalakan komputer dan membuka program pengolah gambar Paint. (Bagi siswa ke dalam kelompok jika jumlah komputer terbatas)
- Guru dan siswa mempraktikkan cara menggunakan menu Flip dan Rotate.
Kegiatan penutup (10’)
- Guru dan siswa mendiskusikan pembelajaran yang sudah dilakukan.
Pertemuan ketiga (1×35 menit)
Kegiatan Pendahuluan (10’)
- Guru menyampaikan salam.
- Guru mengecek kehadiran siswa.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru mengawali pelajaran dengan bertanya jawab.
Tahukah kamu, apa yang biasanya muncul setelah hujan reda? Berwarna-warni di atas langit?
Apa saja warna pelangi?
- Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengkaitkan pelajaran komputer yang telah mereka peroleh di kelas sebelumnya.
Ada yang masih ingat pelajaran minggu lalu? Apa arti Flip dan Rotate?
Kegiatan Inti (15’)
- Guru memperlihatkan contoh gambar yang akan dibuat (gambar pelangi, lihat halaman 19).
- Guru mendemonstrasikan cara membuat pelangi sendiri.
Guru menyiapkan bahan, yaitu sekeping CD yang berwarna-warni. Selanjutnya, pantulkan CD ke cahaya matahari lalu arahkan ke dinding atau plafon.
- Guru memberikan izin kepada murid-murid untuk mempraktikkan percobaan di atas.
- Guru mengelompokkan siswa. Guru meminta setiap kelompok membuat tulisan tentang cara membuat pelangi sendiri. (boleh dari pengalaman di atas atau dari sumber lainnya)
- Guru membagi siswa ke dalam kelompok. Minta mereka menyalakan komputer dan membuka program pengolah gambar Paint. (Bagi siswa ke dalam kelompok jika jumlah komputer terbatas)
- Guru dan siswa mempraktikkan cara menggunakan ikon Curve.
Kegiatan penutup (10’)
- Guru dan siswa mendiskusikan pembelajaran yang sudah dilakukan.
Pertemuan ke-empat dan kelima (2×35 menit)
Kegiatan Pendahuluan (20’)
- Guru menyampaikan salam.
- Guru mengecek kehadiran siswa.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru mengawali pelajaran dengan mengajak siswa ke lapangan sekolah.
Lakukan pengamatan bersama siswa. Guru meminta siswa untuk memperhatikan bayangan diri mereka. Apakah bayangan diri mereka terlihat panjang atau pendek?
- Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengkaitkan pelajaran komputer yang telah mereka peroleh di kelas sebelumnya.
Kegiatan Inti (30’)
- Guru memperlihatkan contoh gambar sebuah objek dengan bayangan (lihat halaman 24).
- Guru bersama siswa mendiskusikan hasil pengamatan yang diperoleh. Tugaskan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan berikut ini: (Kerjakan tugas di buku latihan)
Kapankah kita memiliki bayangan paling panjang?
Dan kapankah kita memiliki bayangan paling pendek?
- Guru membagi siswa ke dalam kelompok. Minta mereka menyalakan komputer dan membuka program pengolah gambar Paint. (Bagi siswa ke dalam kelompok jika jumlah komputer terbatas)
- Guru dan siswa mempraktikkan cara menggunakan menu Stretch dan Skew.
Kegiatan penutup (20’)
- Guru dan siswa mendiskusikan pembelajaran yang sudah dilakukan.
Media/Sumber/Bahan
- Komputer
- Buku Paket TIK untuk Sekolah Dasar Kelas 2, Penerbit Erlangga
- Origami burung atau gambar burung.
Penilaian: (tugas lampiran dan praktik komputer)
terima kasih atas informasinya>>>
sama-sama 🙂