RPP 01. Jilid 4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah:
Mata Pelajaran: Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester: 4 / I

Alokasi Waktu: 6 x 35 menit (3 x pertemuan)

Standar Kompetensi: 1. Menggunakan perangkat lunak pembuat animasi

Kompetensi Dasar: 1.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat animasi

Tujuan Pembelajaran :
Mengenal aplikasi pembuat animasi
Menjalankan Pivot sebagai program pembuat animasi
Mendemonstrasikan cara menjalankan Pivot
Menerangkan fungsi menu dan ikon Pivot

Nilai karakter yang dikembangkan:
Disiplin, mandiri, bersahabat/komunikatif

Materi Pembelajaran
Menerangkan manfaat dan etika menonton film
Menjelaskan pengertian animasi
Mengetahui berbagai aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi
Mengenal Pivot sebagai aplikasi pembuat animasi
Mendemonstrasikan cara menjalankan Pivot
Menerangkan fungsi menu dan ikon Pivot

Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama ( 2 x 35 )

Kegiatan Awal
• Guru menyampaikan salam.
• Guru dan siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
• Guru mengawali pelajaran dengan mengajak siswa bertanya jawab

Apakah kalian suka menonton film?
Film apa yang kalian suka?
Untuk apa kalian menonton film?

Kegiatan Inti
Eksplorasi : Dalam kegiatan Eksplorasi Siswa/Guru :
• Guru mengajak siswa untuk menonton film. (Film dapat berupa penggalan atau cerita pendek. Pilih film kartun animasi).
• Guru menjelaskan etika dan manfaat menonton film.

Elaborasi : Dalam kegiatan Elaborasi Siswa/Guru :
• Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan kegiatan di halaman 3 dan 4.

Konfirmasi : Dalam kegiatan Konfirmasi Siswa/Guru :
• Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan kesimpulan

Kegiatan Akhir :
• Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
• Siswa dan guru membaca doa penutup.

Pertemuan Kedua (2 x 35)
Kegiatan Awal
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
• Guru mengajak siswa mengingat kembali pelajaran pada minggu lalu.

Kegiatan Inti
Eksplorasi : Dalam kegiatan Eksplorasi Siswa/Guru :
• Guru menyiapkan sebuah flip book. Perlihatkan kepada siswa cara menggunakan flip book tersebut.
• Guru menggali pendapat siswa mengenai flip book.

(catatan: Flip Book adalah jenis animasi klasik yang di buat dari setumpuk kertas menyerupai buku yang setiap halamannya menggambarkan sebuah objek yang nantinya seolah tampak bergerak).

Elaborasi : Dalam kegiatan Elaborasi Siswa/Guru :
• Guru menjelaskan mengenai pengertian animasi.
• Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan kegiatan yang ada di halaman 6-7. (Gambar boleh bebas)

Konfirmasi : Dalam kegiatan Konfirmasi Siswa/Guru :
• Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
• Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan kesimpulan.

Kegiatan Akhir :
• Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
• Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

Pertemuan Ketiga (2 x 35)
Kegiatan Awal
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
• Guru mengajak siswa mengingat kembali pelajaran pada minggu lalu.

Kegiatan Inti
Eksplorasi : Dalam kegiatan Eksplorasi Siswa/Guru :
• Guru bertanya kepada siswa mengenai film kartun animasi favorit mereka.
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan alasan dan kesan terhadap pilihan film kartun animasi kegemaran mereka.

Elaborasi : Dalam kegiatan Elaborasi Siswa/Guru :
• Guru menjelaskan mengenai perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat animasi di komputer.
• Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan kegiatan yang ada di halaman 11-14.

Konfirmasi : Dalam kegiatan Konfirmasi Siswa/Guru :
• Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
• Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan kesimpulan.

Kegiatan Akhir :
• Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
• Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

Media/Sumber/Bahan
• Komputer
• Buku Paket TIK untuk Sekolah Dasar Jilid 4 dari Penerbit Erlangga. Tahun terbit 2012.

Penilaian

4 thoughts on “RPP 01. Jilid 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.