Belajar Tiada Henti

Aplikasi satu ini sedang marak diperbincangkan banyak orang, terutama di saat kebijakan work from home untuk mencegah penularan virus corona digaungkan oleh pemerintah. Zoom merupakan aplikasi video conferencing yang digunakan sebagai sarana tatap muka secara online. Biasanya zoom banyak digunakan oleh pekerja kantoran untuk keperluan meeting atau rapat, pembelajaran kuliah online, dan saat ini juga banyak digunakan oleh guru-guru untuk pembelajaran siswanya.

Saya pun telah beberapa kali mencoba aplikasi ini kepada siswa-siswa saya. Tanggapan yang diberikan sangat bagus. Ketika pertama kali saya menerapkan ini kepada siswa kelas X, komentar mereka adalah, “Seru, Bu.” :). Saya cukup maklum ketika pertemuan pertama ini kegiatan mengajar belum kondusif karena perhatian mereka sedang terfokus pada cara pemakaian aplikasi ini. Menariknya, mereka akan saling membantu jika ada kawan atau bahkan ibu gurunya kesulitan :). Saya bisa menayangkan slide presentasi, bahkan memandu mereka belajar layaknya di ruang kelas konvensional. Kemudahan ini ada di dalam fitur share screen. Selain itu, saya juga bisa menggunakan whiteboard seperti menggunakan papan tulis di kelas. Wah, pokoknya keren lah dan anak-anak pun bisa belajar sambil diskusi dan bertanya jika mereka tidak paham. Bagaimana jika koneksi internet kita tidak stabil? Jangan kuatir, saya pun mengalaminya. Alhamdulillah kualitas video dan audio tetap aman dan jeda pembicaraan relatif tidak terganggu.

Nah, bagaimana? Berminat menggunakan Zoom Bapak/Ibu Guru? Silakan mengunduh filenya di sini.

Oya, Zoom bisa digunakan secara gratis tetapi dengan durasi waktu terbatas. Untuk versi tidak berbayar waktu yang diberikan adalah 40 menit dengan jumlah partisipan sebanyak 100 orang. Fitur yang disediakan diantaranya adalah schedule, dimana kita bisa membuat jadwal tanggal dan waktu untuk melakukan video conference. Kita juga bisa mengunggah gambar atau video untuk dijadikan latar belakang ketika melakukan percakapan. Cara penggunaan Zoom cukup mudah kok. Kalau nggak percaya coba aja sendiri :).

Berikut ini adalah potongan rekaman video KBM saya bersama siswa kelas X 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.