Belajar Tiada Henti

Soal HOTs dan Kata Kerja Operasional

Hari Rabu tanggal 31 Oktober bertempat di SMAN 59 Jakarta, perwakilan dari beberapa sekolah yang tergabung dalam wilayah JT1 (Jakarta Timur 1) mengikuti kegiatan pemberdayaan MGMP. Berhubung saya mengampu matpel PKWU, maka tentu saya berkumpul dengan rekan-rekan Guru sesuai matpel saya (iya sih, udah tau lah… hehe 🙂 ).
Nara sumber pertama adalah Ibu Suci Paresti dari Puskurbuk. Beliau memberikan materi SKL PKWU pada kurikulum 2013. Sebagai pengingat, SKL dapat dilihat pada Permen No 20 tahun 2016. Standar Isi ada pada Permen No 21, Standar Proses pada Permen No 22.

Perubahan kurikulum 2006 menjadi 2013 diprioritaskan pada metodologi. Seperti yang semua pendidik telah ketahui, kurtilas menekankan implementasi pembelajaran dengan pendekatan sciencetific. Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ini meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran.
Pendekatan ilmiah ini akan menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor). Melalui tiga ranah tersebut diharapkan dapat melairkan peserta didik yang produktif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang saling terintegrasi. Berikut ini adalah penjelasannya:

Ranah sikap bersentuhan dengan materi ajar agar peseta didik “tahu mengapa”
Ranah keterampilan bersentuhan dengan materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”
Ranah pengetahuan bersentuhan dengan materi ajar agar peserta didik “tahu apa”
Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Nara sumber kedua adalah Bapak Ono. Beliau memberikan sekilas materi mengenai pembuatan soal HOTs. Untuk pembuatan soal HOTs harus merujuk kepada KIKD.
Berikut gambaran pembagian rentang soal Lots dan HOTs.
C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan) –> LOTs
C4 (menganalisa), C5 (mengevaluasi), C6 (mengkreasi) –> HOTs

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.