National Museum of Nature and Science

Musium Nasional Alam dan Ilmu Pengetahuan ini terletak di Ueno. Musium yang mengusung tema keberadaan alam dan manusia ini memamerkan bidang ilmu pengetahuan alam. Musium ini didirikan pada tahun 1877 dan merupakan musium tertua di Jepang yang mempertunjukkan sejarah alam dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Di dalam musium banyak ditemui koleksi artefak fosil dan flora serta fauna asli jepang.

Musium ini memiliki 2 gallery, yaitu gallery Jepang dan gallery dunia. Di gallery Jepang kita akan disuguhi semua hal mengenai Jepang, dari masyarakat serta sejarah negeri Jepang sendiri. Salah satu yang menarik adalah mengenai sejarah Ninja (samurai). Di gallery dunia kita dapat belajar tentang evolusi semua makhluk hidup.

Ruang simulasi smarthouse cukup menarik perhatian saya. Ini lah gambaran teknologi masa depan, yang hemat energi dan peduli lingkungan. Duh, andai saja murid-murid saya di Indonesia bisa melihat ini ya. Tak heran kalau Jepang menjadi negara maju.


Usai melihat-lihat musium kami segera bergegas untuk menuju tempat lainnya. Kemana? 🙂

Berikutnya adalah Emperor Palace. Emperor Palace adalah tempat kediaman kaisar Jepang yang terletak di Chiyoda, Tokyo. Emperor Palace memiliki taman yang sangat luas. Di sini berdiri istana utama dan rumah pribadi dari keluarga kerajaan. Pengunjung tentu saja tidak bisa masuk ke dalam istana dan taman bagian dalam. Namun pengunjung bisa menikmati suasana taman di bagian luar istana.

Memasuki Emperor Palace saya dibuat terkejut oleh keberadaan pohon delima dengan buah-buahnya yang lebat. Oh, buat penyuka tanaman seperti saya, ini sungguh-sungguh pemandangan yang bikin iri :). Baiklah tak boleh berlama-lama memandangi si buah delima, jadi mari kita teruskan perjalanan.

Sejauh mata memandang lapangan hijau luas terbentang dengan pohon-pohon besar disekelilingnya. Jangan-jangan itu pohon delima juga? Hehehe 😀
Untuk yang ingin foto-foto pemandangan taman kaisar bisa menaiki benteng yang berada di taman. Kalau sudah capek jalan-jalan dan foto boleh loh duduk-duduk di kursi yang ada di area taman atau jika ingin santai bisa berbaring sejenak di lapangan rumput sambil menikmati hangatnya sinar matahari.


Kami tak lama di Emperor Palace karena ada misi lain yang lebih utama, apa itu? Inokashira Park Zoo. Apa istimewanya Inokashira Park Zoo? Karena ada tupai dan penguin di sini :).


Sebenarnya sih kami lebih suka bermain-main dengan tupai yang berada di taman ketimbang yang ada di kebun binatang. Namun selain karena letaknya jauh dan keterbatasan waktu maka kami memutuskan menengok tupai-tupai yang ada di kebun binatang Inokashira. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan tupai-tupai mungil ini. Nah, ini beberapa gambar kebandelan tupai-tupai tersebut yang sulit untuk difoto karena begitu lincahnya :).

#Japan on August, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *