Educational Activities

Bulan Mei lalu partner mengajak saya untuk menghadiri konferensi di Bali. Seperti biasa ini acaranya IEEE. Dikutip dari laman Wikipedia, IEEE adalah organisasi internasional yang beranggotakan para insinyur, dengan tujuan untuk mengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan. Sebelumnya IEEE memiliki kepanjangan yang dalam Indonesia berarti Institut Insinyur Listrik dan Elektronik (Institute of Electrical and Electronics Engineers).

Yang saya sukai dari mengikuti acara IEEE (walaupun saya bukan anggota), yaitu saya bisa ikut mencuri dengar ilmu pengetahuan dan kabar terbaru teknologi dengan mendengarkan kuliah dari para pembicara yang ahli di bidangnya. Biasanya sih ada sesi untuk umum dimana saya bisa masuk mendengarkan :).

Apa yang saya peroleh sedikit banyak bermanfaat untuk bahan tulisan dan materi mengajar. Saya sendiri banyak belajar dari laman ieee educator di sini. Lesson plan nya bagus-bagus. Bisa menambah wawasan kita untuk mengajar, terutama karena saya mengampu mata pelajaran ICT (dulu) serta Prakarya dan Kewirausahaan saat ini. Saya memilih aspek Rekayasa, yang di dalamnya banyak bersentuhan dengan teknologi dan elektronika. Buat saya yang tidak mempunyai latarbelakang akademik teknik maka pembelajaran melalui interaksi dengan organisasi IEEE ini sangat membantu.

Oya, apakah aspek lain dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan tidak membutuhkan interaksi dengan teknologi? Dari pengalaman bersama murid saya menyadari bahwa mereka menyukai teknologi. Tidak mengherankan karena mereka adalah generasi digital yang sejak lahir sudah bersentuhan dengan teknologi. Jadi, bagi mereka sangat membosankan jika kita hanya membuat produk lalu menjualnya secara konvensional. Sama membosankannya jika mereka harus belajar dengan cara-cara lama.

Murid saya pernah bilang, “Ibu, saya suka Prakarya kalau ada komputernya :).

Oke, apa yang saya dapat dari conference bulan Juni lalu? Ini dia sebagian slide dari tema Kegiatan Pendidikan yang dilakukan IEEE untuk sekolah setingkat SMA.

IMG_4931

IMG_4932
IMG_4933

IMG_4934
IMG_4936

IMG_4937
IMG_4938

Ide dan gagasan dari slide di atas bisa kita terapkan sendiri untuk murid-murid kita sendiri juga, bukan? 🙂

Oya, ada sesi menarik sekaligus spesial, karena kali kemarin Dr Van Meter penulis buku Quantum Networking hadir memberikan kuliah mengenai Quantum Networking. Saya memang belum pernah membaca bukunya namun partner pernah sekilas membahas itu. Memang sih saya tidak sepenuhnya memahami tetapi saya bisa tanya partner nanti :). Namun yang membuat saya kagum adalah cara Beliau memberikan kuliahnya. Presentasi diberikan dengan pemahaman yang sederhana, sehingga orang awam seperti saya bisa mengikuti. Saya bahkan bisa senyum-senyum ketika slide menampilkan gambar teknologi teleportasi dalam film Startek untuk menerangkan quantum.

Beruntungnya berkenalan dengan orang-orang seperti ini adalah kita senantiasa terdorong untuk belajar hal-hal menarik. Sore selesai acara partner mengajak si prof dan satu orang kawannya untuk meluangkan waktu sejenak melihat-lihat Bali. Saya berkesempatan mengobrol juga dengan Beliau dengan bahasa inggris saya yang seadanya aja deh :). Barangkali karena si prof ini lama tinggal di Jepang dan bergaul dengan orang Asia maka dia berbicara dengan bahasa inggris yang jernih dan tidak terburu-buru. Tentu saja ini menguntungkan saya.. hehe :).

IMG_4951

IMG_4952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *