GE Garage

GE Garage adalah wadah untuk membangun keterampilan kreatif yang menyediakan pengalaman praktik secara langsung menggunakan teknologi mutakhir dan berkolaborasi dengan para inovator yang diwujudkan dalam bentuk seminar atau workshop.

GE Garage sebelumnya telah berhasil di 3 negara, Amerika, Eropa dan Afrika. Awalnya program GE Garage didirikan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat masyarakat Amerika Serikat dalam teknologi baru, penemuan dan inovasi baru serta menemukan solusi baru dalam manufaktur.

Pada kesempatan yang lalu, tepatnya dari tanggal 18-24 Agustus, GE Garage menjadi ajang kolaborasi para inovator teknologi di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan selama seminggu ini, dari tanggal 18-24 Agustus diisi oleh banyak acara berupa seminar dan workshop.
gg5
3 D Printing.

GE Garage di Indonesia ini terwujud berkat kolaborasi GE dan MakeDonia. MakeDonia sendiri adalah forum untuk inovasi dan membangun jejaring bagi semua penemu, pembuat dan komunitas makers.

Untuk mengikuti acara ini gratis. Namun sebelumnya Anda diminta untuk registrasi terlebih dahulu. Saya sendiri mengetahui informasi ini dari seorang kawan. Pendaftaran untuk beberapa sesi langsung full. Maklum, tema materinya memang banyak yang menarik :). Menariknya, di GE Garage ini ruang atau kelas untuk workshop terbuka sehingga walaupun kita tidak mendapat tempat ketika pendaftaran kita masih bisa loh turut mendengarkan. Buat saya ini menguntungkan. Apalagi jika acaranya bagus-bagus dan kita inginnya ikut semua sesi.. hehe.

Beberapa sesi yang saya ikuti adalah sebagai berikut:
19 Agustus 2015: Social enterprise networking #1, education and technology.
Ada 3 pembicara. Materi pertama mengenai HAKI. Ini pengetahuan yang harus diketahui bagi para inovator untuk melindungi karya-karya mereka. Kedua, Clevio, kursus pemrograman edu games untuk anak. Terakhir, maafkan saya lupa.
gg13
Masih di hari yang sama, saya mengikuti workshop Steam workshop #2: computer program development basic coding. Di sini narasumber mengenalkan konsep pemrograman. Menurut Beliau ada 3 proses dalam algoritma yang harus dipahami oleh seseorang yang ingin menjadi seorang programmer, yaitu: Sequential, Looping, dan Conditional. Selebihnya berbagi untuk projek-projek yang pernah Beliau kerjakan, sebagian besar untuk aplikasi Android. Dan sebagai wakil Google, memang sudah semustinya doi mempopulerkan si Android ini .. hehe.

Dan sore menjelang malam masih ada lagi startup meetup yang kami hadiri dengan tema Human Centered Design. Sesuai judulnya, semua berkaitan dengan desain.

Tanggal 20 Agustus 2015, ini adalah sesi yang paling menarik, yaitu Generic workshops: Arduino Hardware, Bluetooth Controlled Rainbow Light. Setiap peserta diberikan arduino rainbow kit. Kami membuat lampu pelangi yang dapat diremote melalui HP. Selain merangkai alatnya, termasuk menyolder komponen. Bayangkan, sudah sekian tahun saya tidak pernah memegang solder, nderedeg sedikit ada juga sih :). Setiap peserta juga diberikan kardus untuk membuat desain untuk produk lampu nya. Sungguh deh, nggak ada bayangan mau bikin desain yang seperti apa, eh ujug2 aja jadi bangunan yang mengingatkan saya pada tampilan gedung opera house.. hihihi.
gg11

Nah, ini penampakan rainbow leds buatan saya. Lumayan lah buat pemula ;-).
Dan, tau nggak kawan, ternyata arduino rainbow kit nya boleh dibawa pulang, termasuk hasil buatan kita tadi. Wow, keren, kan? Ini semua gratis loh 🙂
gg15

Cara kerja rainbow light

Tadinya sih saya mau ikutan social enterprise meetup: thinkering woman and technology, tapi karena jam nya tabrakan sama arduino dan produk saya belum selesai maka batal lah saya masuk ke seminar tersebut.

Terakhir, 22 Agustus 2015 niatnya mau ikut Steam workshop #5: Saturday music party with little bits, tapi akhirnya memutuskan melihat dan menunggu karya keponakan dengan little bitsnya.
gg3
Showcase with little bits.

Nah, sekian dulu cerita saya tentang rangkaian kegiatan yang saya ikuti di acara GE Garage minggu lalu. Semoga bermanfaat dan memberi gambaran tentang apa itu GE Garage. Barangkali kapan-kapan mereka membuat acara yang sama, karena antusiasme masyarakat cukup baik. Karena itu, sering-sering masuk ke laman mereka di sini. Dan kalau ada acara serupa di atas, jangan lupa kasi tau saya ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *