Amsterdam

Konon Amsterdam sering disebut sebagai kota percontohan berkonsep Smart City. Apa sih Smart City itu?

Smart City adalah sebuah konsep berplatform teknologi untuk mengintegasikan pengelolaan segala sumber daya yang ada, untuk mengatasi berbagai permasalahan sekaligus menghasilkan kehidupan yang lebih berkualitas dan efisien.

Konsep Smart City ini sekarang menjadi topik bahasan populer di berbagai negara.

Kota-kota besar di dunia pada umumnya memiliki permasalahan yang sama, diantarany kemacetan lalu lintas, sistem transportasi, sampah, arus urbanisasi, kesehatan, dan lain-lain. Permasalahan ini timbul oleh karena derasnya laju urbanisasi ke kota-kota besar disebabkan penyebaran hasil pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang tidak merata, yang hanya terpusat di kota-kota besar.

Situasi ini membuat perkotaan menjadi tidak nyaman untuk dihuni. Berbagai penyakit baru pun bermunculan yang disebabkan oleh tingginya polusi. Tingkat kriminalitas pun tinggi.

Konsep Smart City kemudian hadir untuk bisa menjadi solusi dari berbagai permasalahan di atas tadi.

Amsterdam adalah kota yang sangat sibuk. Kota ini menghasilkan banyak sekali karbondioksida. Untuk mengurangi itu maka pemerintah menargetkan untuk mengurangi emisi CO2 nya. Bagaimana caranya? Pemerintah tidak bekerja sendirian. Untuk mewujudkan konsep Smart City ini mereka melibatkan semua pihak, masyarakat, pengusaha, sampai pengembang teknologi untuk menjadikan Amsterdam sebagai kota yang berudara bersih, hemat energi namun masyarakatnya tetap dapat bersentuhan dengan teknologi.

Mereka merumuskan ada 4 aspek yang menyumbang langsung kepada penciptaan emisi karbondioksida ini, yaitu:kebutuhan di tataran rumah tangga, kantor, fasilitas publik dan mobility.

Untuk menghindari orang berkumpul di satu tempat maka mereka membuat fasilitas seperti kantor bayangan di dekat rumah warga. Mereka dapat menggunakan fasilitas ini dengan gratis.
Di tempat-tempat umum digunakan lampu LED yang hemat energi dengan watt yang kecil tapi sangat terang. Di rumah-rumah waga, semua alat elektonik meeka disambungkan dengan software yang membuat si pemilik rumah dapat mengetahui pola konsumsi energi mereka melalui sebuah website.
IMG_0013.JPG

IMG_0012.JPG
Saat ini sudah banyak kota-kota besar di berbagai negara menerapkan konsep Smart City. Bagaimana dengan Indonesia? Kabarnya beberapa kota di Indonesia pun sedang menjajaki untuk menerapkan konsep Smart City ini. Satu diantaranya adalah Bandung. Kalau tidak salah Makasar juga deh :).
Bagaimana dengan Jakarta?

Btw, beberapa bentuk bangunan, jalan dan tempat di Belanda ini mirip di Bandung loh 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *