Aplikasi Lokal Menggebrak Dunia

Aplikasi buatan pengembang dalam negeri mulai naik daun. Beberapa aplikasi yang dibuat oleh orang Indonesia ini dikenal tidak hanya di dalam negeri namun juga internasional. Penasaran ingin tahu aplikasi apa saja? Yuk, lihat daftar di bawah ini.

1. PicMix
Kenal aplikasi satu ini? Buat kamu yang suka berfoto ria pasti tak asing dengan aplikasi PicMix. Aplikasi yang dibuat karena terinspirasi oleh tren narsis ini dibikin oleh Calvin Kizana dibawah bendera perusahaan PT Inovidea Magna Global. PicMix adalah fasilitas gratis dengan fitur utama memadukan beberapa foto sekaligus dalam satu frame yang sama. Aplikasi ini bisa diunduh di hampir semua platform (Blackberry, Android, iOS, Windows Phone, dan Nokia Asha). Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 19,9 juta kali di seluruh dunia dan sebanyak 305 juta foto sudah diunggah melalui aplikasi ini hingga akhir Juni.
picmix

2. Valthirian Arc II
Valthirian Arc II adalah game yang dipasarkan untuk pasar luar negeri. Game ini dibuat oleh tim dari PT Agate International (Agate Studio) dengan Arief Widhiyasa sebagai pendiri dan CEO. Konon game ini sudah mendapat satu juta hits dalam kurun waktu satu bulan sejak kemunculannya di akhir tahun 2013. Game ini awalnya adalah berbasis web dan saat ini rencananya akan dibuat pada platform mobile untuk IOS dan Android. Beberapa produk game yang pernah dihasilkan sebelumnya oleh perusahaan ini adalah game Zombie (diluncurkan di Eropa), Football Saga.
valthirian

3. Infinite Sky
Infinite Sky termasuk ke dalam jajaran top 10 game paling banyak diunduh di Amerika Serikat tahun lalu. Menurut Anton, CEO Touchten Pte. Ltd ini, “Hingga akhir tahun ini kami sudah menyiapkan enam game baru yang siap dirilis. Game lain yang pernah mereka buat sebelumnya dan menurut Itunes sudah diunduh sebanyak 1,2 juta kali di tahun 2013 ini adalah game Sushi Chain. Game ini berhasil menggebrak toko aplikasi milik Apple.
photo 2

4. Soccer Ticker
Vicent Putera berhasil menggebrak ajang Blackberry JamHack Asia melalui aplikasi buatannya: Soccer Ticker. Aplikasi lokal ini sangat diminati di luar negeri. Menurut pendiri PT Inspira Solusi Indonesia ini, pengguna terbanyak mereka ada di Inggris, Kanada, Arab Saudi dan Indonesia. Ke depan aplikasi ini juga akan masuk ke platform iOS, saat ini mereka sudah masuk ke Android. Vincent membuat game Soccer karena terinspirasi oleh kesukaannya pada bola. Soccer Ticker adalah aplikasi skor untuk sepak bola. Selain Soccer Ticker, perusahaan rintisan lain yang ia dirikan adalah gadgetan.com dan hellogoodbuy.me. Tahun lalu, aplikasi ini sempat masuk dalam nominasi “CrackBerry Best of 2013 Awards.”

5. Shoop
photo

Aplikasi sosial e-commerce ini didirikan oleh Brian Arfi faridhi. Shoop! adalah aplikasi yang didedikasikan untuk membantu UKM menjual barang secara online. Ide pembuatan aplikasi ini adalah ketika Brian melihat kesulitan yang dihadapi oleh UKM dalam memasarkan produknya.

Melalui aplikasi ini maka penjual dapat memasarkan produk ke banyak toko online dan marketplace di Indonesia hanya dengan sekali unggah melalui Shoop!. promosi produk yang diunggah di Shoop! menggunakan SEO dan media sosial dan cara ini dinilai mampu meningkatkan kesempatan terjual produk.

Kebanyakan UKM menurut Brian masih belum familiar dengan komputer. Seiring tingginya pertumbuhan penggunaan ponsel pintar dan semakin banyaknya transaksi online, Brian melihat sangat perlu mendukung UKM ini melalui media sosial. Brian melihat kesempatan membantu UKM melalui gadget yang digunakan setiap hari, yaitu ponsel.

Shoop! sudah digunakan lebih dari 2.500 orang untuk menjual produk. Shoop! juga terhubung ke lebih dari 15 platform, yakni Kaskus, Bukalapak, TokoBagus, Twitter, Facebook, Ebay, WordPress, dan lain-lain.

Di Playstore, aplikasi untuk platform Android ini sudah diunduh sebanyak 6.000 kali. 60% pengunduh berasal dari Indonesia. Sisanya, terbesar Amerika Serikat dan India.

Aplikasi ini mudah digunakan, layaknya menggunakan instagram namun memiliki fungsi untuk jual-beli. Bagi Anda yang memiliki usaha kecil, aplikasi ini patut dicoba loh.

sumber: diadaptasi dari majalah Fortune.

3 thoughts on “Aplikasi Lokal Menggebrak Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *