Eco Green Park

Monumen Tugu tampak cantik dilatari langit biru cerah. Alun-alun Tugu atau yang biasa disebut dengan alun-alun bundar ini terkenal sangat indah. Tugu yang sekaligus merupakan ikon kota Malang ini dilengkapi dengan kolam dan hiasan bunga teratai yang sangat indah.
tugu1 tugu3
Setelah berfoto-foto sebentar di sana, kami kembali ke hotel. Sarapan dan bersiap berjalan-jalan keliling kota Malang :). Bersama dengan dua orang kawan kami pun diajak mengunjungi Jatim Park 2. Ada apa di sini ya?

Mengusung semboyan Hijaukan Bumi Bersama Eco Green Park, inilah wisata ekologi pertama di Jawa Timur yang tepatnya terletak di Jl. Oro-oro Ombo No. 9A, Kota Wisata Batu, Malang. Selepas pintu masuk Eco Green kita bisa menikmati miniatur landscape pertanian, perkebunan beserta hasil budidaya serta dampak dari kerusakan alam.
a kerusakanalam
Di dalam wahana Eco Green yang luasnya kurang lebih 5 hektar ini dapat kita temui berbagai kreasi seni patung yang terbuat dari barang bekas dan sampah.

gajah
Patung dari barang bekas

patung gajah dari sampah elektronik

Wahana pertama yang kami kunjungi adalah Insectarium. Insectarium adalah tempat jenis serangga hidup yang ada di kebun binatang, atau museum atau pameran tinggal serangga. Insectarium sering menampilkan berbagai jenis serangga dan arthropoda serta sejenisnya seperti laba-laba, kumbang, kecoa, semut, lebah, kaki seribu, kelabang, jangkrik, belalang, serangga tongkat, kalejengking dan belalang sembah. Selain itu ditampilkan juga keterangan mengenai serangga-serangga tersebut seperti bentuk serangga, tempat hidup mereka, dan berbagai pengetahuan seputar serangga. (sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Insectarium)

kupu

kupuUU
Kupu-kupu herbarium

Kupu-kupu yang dilindungi UU

Walau makhluk-makhluk mungil itu tampak indah dan adakalanya ringkih namun jangan salah, diantara mereka pun ada yang menebarkan racun. Oya, di sini kita juga bisa berinteraksi langsung dengan serangga-serangga tersebut dan mengamati dengan detail setiap bentuk serangga yang ada, seperti di ruangan yang diisi dengan pohon jambu dan belalang ranting. Kita bisa masuk ke ruangan ini dan mencoba menemukan si belalang yang mahir menyamar sebagai ranting pohon. Tapi, hati-hati ya, karena beberapa serangga itu sering tampak di antara batu-batu yang bisa saja secara tidak sengaja kita injak.

belalangranting

belalanganggrek

belalangsembah
Belalang ranting

Belalang anggrek

Belalang sembah

Coba perhatikan bentuk belalang sembah. Konon nama ini diberikan karena bentuk belalang ini menyerupai selayaknya orang berdoa.

Keluar dari ruang insectarium kami menuju walking bird, wahana di mana kita dapat mengamati jenis-jenis burung yang tidak suka terbang. Sayangnya, si penguin belum ada di sini, padahal penguin itu burung yang tidak suka terbang, kan ya? :). #colek pipi ah šŸ˜‰

Hei, ada makhluk mungil dengan ekornya yang menggemaskan. Bisa menebak? Ya..ya.. tupai :). Tupai, makhluk yang konon sukanya berpasangan ini tampak sedang melahap biji-bijian, sementara tupai pasangannya entah dimana tak terlihat.
tupai
Jangan kaget jika kita sedang asyik berjalan-jalan berpapasan dengan burung-burung yang tersasar ya. Biasanya penjaga di sana selalu sigap. Tenang saja, barangkali mereka pun bosan dan ingin bertemu kawan baru šŸ™‚

Nah, ini bagian yang membuat kerasan, perkebunan sayur :). Dalam wahana ini kita bisa belajar mengenai cara berkebun atau menanam sayur dan mengenal berbagai jenis sayuran. Dilanjut dengan rumah strawberry, jamur, dan carnivora garden. Kita juga bisa belajar cara budidaya strawberry dan jamur beserta pengolahannya dan juga bisa membeli hasilnya seperti sate strawberry dan kripik jamur. Tergiur dengan buah strawberry yang bergelantungan di pot-pot akhirnya saya membeli satu tanaman strawberry. Cukup satu, itu pun tidak terlalu yakin apakah bisa lolos di pemeriksaan bagasi nanti? Tapi, terkadang nekat itu diperlukan juga šŸ™‚

bawang

l&w
Bawang Prei

Lobak dan wortel
sayur

lobak
Seledri

Lobak
buah3

buah8
Tomat cherry

Strawberry

Kalau ingin belajar pengolahan limbah sampah atau kotoran hewan juga bisa loh di sini. Oya, ada yang terlupa, dalam wahana yang sama dengan perkebunan sayur, kita bisa belajar tentang cara mengolah susu hingga menjadi produk susu.

Selain strawberry ada juga tanaman tomat cherry dengan buah-buah berwarna merah hijau kecil yang bergelantungan. Yang menarik perhatian saya adalah tanaman tomat ini dipasangi tali yang menjulur ke atas. Ketika saya tanyakan kepada petugas yang ada di sana, Beliau bilang itu untuk memudahkan mengambil buahnya karena pohon tomat tingginya bisa mencapai 3 meter. Good idea :), yang kemudian saya terapkan di pohon tomat saya yang saat ini juga mulai berbuah :).

Berikutnya, pasar burung. Di beberapa tempat biasanya terdapat wahana permainan yang cukup ramai antre-annya dan saat itu lebih sering kami lewati saja. Kebetulan wahana menggunakan kereta untuk melihat kehidupan prasejarah mulai dari zaman purba sampai jaman modern saat itu antre-annya sepi sehingga kami sempatkan ke sana.

Wahana sains walau sedikit namun tetap memikat hati. Di sini ditampilkan percobaan kincir angin untuk membangkitkan tenaga listrik. Berbagai macam kincir yang jika kita sentuh dengan kecepatan tertentu maka bisa menyalakan lampu-lampu gedung dan bangunan sebagai latar belakangnya. Ada juga stalaktit dan stalagmit serta ruangan dengan suasana gempa bumi. Atau ingin merasakan dinginnya Antartika? šŸ™‚
kc

Atau ingin melihat berbagai hasil karya yang terbuat dari barang bekas atau sampah? Berikut ini adalah keterampilan yang dipamerkan. Ada yang terbuat dari kemasan rokok, limbah kertas, tutup botol dan kaleng, dan lain-lain. Bagus-bagus ya?

seni2

seni4
seni5

seni6
seni7

seni8

Mendapatkan pengetahuan sejatinya bisa darimana saja. Dengan 35 wahana yang memadukan konsep wisata alam, kebudayaan, lingkungan dan seni yang inspiratif, menarik, dan mendidik, Eco Green park bisa menjadi pilihan untuk memperoleh pengetahuan dengan cara yang menghibur dan menyenangkan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Eco Green Park silakan kunjungi situs mereka di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *