Keuntungan nge-blog

Dulu ada kawan yang bertanya kepada saya perihal mendapatkan keuntungan dari blog. Benarkah kita bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas blogging? Jawaban saya, iya.
Namun tentu saja tidak cukup sekali dua kali menulis di blog lantas lama menghilang. Kegiatan blogging memerlukan konsistensi menulis. Kebanyakan blogger (sebutan untuk mereka yang melakukan kegiatan menulis di blog) membangun blog mereka bertahun-tahun.

Kembali kepada topik utama, bagaimana blogger memperoleh penghasilan dari kegiatan blogging mereka?

Pernah mendengar tentang google adsense? Google adsense adalah produk iklan yang ditujukan untuk para pemilik situs. Di sini pemilik situs dapat menampilkan iklan-iklan yang didistribusikan google. Sistim pembayaran yang ditawarkan google adalah per-klik atau per-lihat pada iklan yang ditampilkan. Namun untuk google adsense ini terbatas pada blog-blog yang menggunakan teks bahasa inggris. (update: menurut info dari seorang kawan, ternyata sekarang google adsense juga bisa untuk situs-situs yang menggunakan bahasa Indonesia)

Nah, bagaimana dengan mereka yang blognya berisi tulisan dalam bahasa Indonesia? Situs serupa adsense saat ini di Indonesia sudah ada beberapa, salah satunya adalah IdblogNetwork. Situs mereka ada di sini. IdblogNetwork adalah situs jaringan iklan yang bertujuan untuk membantu para pengiklan mempromosikan produk dan jasa mereka. Berbeda dengan adsense lokal yang lain, untuk menjadi publisher di IdblogNetwork maka IdblogNetwork meminta persyaratan berupa email rekomendasi. Tanpa email rekomendasi maka proses persetujuan bergabung di IdBlogNetwork memakan waktu lama, bahkan bisa ditolak. Persyaratan ini dimaksudkan untuk menyaring para publisher yang berkualitas agar juga memuaskan advertisernya.

Penghasilan tidak melulu diperoleh dengan model adsense. Ada kalanya jika tulisan-tulisan di blog kita menarik dan nieche (memiliki tema tertentu), akan mengundang para perusahaan sejenis untuk bekerja sama dengan mereka. Tidak menutup kesempatan kita diminta untuk menjadi jurnalis online mereka untuk mempromosikan produk dan jasa.

Untuk Anda yang ingin mulai membuat blog, jangan targetkan kegiatan blogging untuk mendapatkan keuntungan terlebih dahulu. Pusatkan perhatian kepada kegiatan menulis, menjalin networking dan mendapatkan ilmu. Jika semuanya sudah berjalan dan terpelihara baik, maka tidak menutup kemungkinan peluang karir yang lebih baik serta rupiah atau dollar akan datang dengan sendirinya.

Mau contoh? Banyak penulis yang mengawali karir kepenulisannya dari kegiatan ber-blogging. Raditya Dika, satu contoh diantaranya. Tulisan-tulisannya di blog memikat hati para penerbit buku yang akhirnya membukukan tulisan-tulisan ia.

Nah, asyik, kan? Ayo nge-blog 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *