Kelas Maya

Kemendikbud hari Jumat kemarin, tepatnya tanggal 9 november mengenalkan program Kelas Maya kepada masyarakat. Kelas Maya, adalah program yang ditujukan agar guru dan murid dari seluruh nusantara dapat saling berinteraksi melalui jarak jauh dengan bantuan teknologi. Untuk lebih lengkapnya dapat dibaca di sini.

Alamat Kelas Maya ada di sini, atau Anda dapat mengetikkan alamat berikut ini di address bar browser Anda, http://belajar.kemdiknas.go.id/

Di sini, setelah log in, konon anak-anak dapat memilih sendiri mata pelajaran dan tingkatan kelas mereka. Selanjutnya, akan muncul bahan dan guru yang dapat mereka pilih. Agar pembelajaran berjalan secara efektif maka guru dibatasi hanya boleh menampung siswa tidak lebih dari 30 murid. Tidak hanya guru dan murid bersangkutan yang dapat berkomunikasi, namun anak-anak juga dapat saling berinteraksi dengan teman-teman mereka lainnya. Mereka dapat melakukan chatting dan bertatap muka dengan menggunakan teleconference.

Saya mencoba mendaftarkan keponakan ke situs ini. Sayangnya, masih banyak link yang kosong. Dan untuk anak-anak sekolah dasar sepertinya tampilan dan isi yang diberikan masih terasa kaku. Namun tentu saja ini sebuah terobosan yang layak untuk kita apresiasi. Segala kekurangan yang ada semoga akan menjadi lebih baik nantinya.

Semoga dengan adanya layanan Kelas Maya ini maka kesenjangan antara sekolah dapat diminimalisir, serta tujuan kemendikbud untuk mengatasi kekurangan tenaga pendidik dan membiasakan guru dan siswa dalam penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan dapat diwujudkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *