Menulis Buku Pelajaran Sekolah

Beberapa kawan pernah menanyakan bagaimana cara memasukkan naskah berupa LKS atau buku pelajaran sekolah ke penerbit. Saya coba berbagi pengalaman di sini.

Memasukkan naskah itu prosesnya sama seperti ketika kita melamar pekerjaan. Biasanya penerbit akan membuka lowongan di surat kabar atau di media online untuk kebutuhan naskah. Kalau pun tidak, jangan khawatir kita masih mempunyai kesempatan. Beberapa hal yang dapat menjadi perhatian:

1. Perhatikan penerbit mana saja yang menerbitkan buku sekolah. Catat alamat mereka, email, web, dan informasi lain yang diperlukan.
2. Pelajari format dan gaya penulisan.
3. Paham kurikulum (ini khusus untuk buku pelajaran sekolah).
4. Kalau penerbit yang bersangkutan memiliki web, coba masuk ke laman mereka. Biasanya ada informasi mengenai tata cara pengiriman naskah.

Langkah berikutnya adalah mengirimkan naskah.
Setiap penerbit mempunyai peraturan yang berbeda-beda. Pengalaman saya sendiri adalah mengirimkan contoh satu bab awal disertai silabus. Kemduian CV. Ada juga kata pengantar berupa sinopsis dari naskah yang ingin kita tawarkan kepada mereka. Kirimkan kepada bagian Editorial. Selanjutnya, menunggu jawaban dari mereka.

Menulis buku pelajaran sekolah adalah sebuah tantangan yang menarik. Mengapa? Karena kita semua tahu banyak sekali kritik untuk buku-buku sekolah ini, dari penyajian sampai isi. Seorang penulis buku sekolah harus berlapang dada menerima kritikan pedas tentang buku-buku mereka. Walau sekilas menulis buku sekolah tampak mudah, sesungguhnya tidak segampang itu.

Membuat sebuah buku sekolah yang menyenangkan adalah impian semua penulis buku sekolah. Semoga saja harapan itu sudah mulai tumbuh dan terus meningkat seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin menderas. Amin.

6 thoughts on “Menulis Buku Pelajaran Sekolah

  1. Pingback: Analisis 5 artikel tentang cara menulis teks buku pelajaran « Welcome

  2. Artikelnya sangat berguna bagi saya.
    Yang saya akan tanyakan saat kita membuat buku, bagaimana format tulisannyanya..? dan apakah saat pengiriman hasil tulisan kita ke penerbit itu sudah dalam bentuk ebook yang sudah jadi, maksudnya sudah siap untuk di cetak.. atau bagaimana?

  3. Artikelnya sangat berguna bagi saya. Yang saya akan tanyakan saat kita membuat buku, bagaimana format tulisannyanya..? dan apakah saat pengiriman hasil tulisan kita ke penerbit itu sudah dalam bentuk ebook yang sudah jadi, maksudnya sudah siap untuk di cetak.. atau bagaimana?

  4. @Arif: coba lihat di situs penerbit yang Anda tuju. Di sana biasanya ada persyaratannya, karena setiap penerbit mempunyai kebijakan yang berbeda. Kalau saya dulu melampirkan sinopsis dan bab pertama dari buku (selain CV dan surat lamaran), serta peta konsep untuk buku pelajaran.

  5. kalau saran bila masalah buku lks saya mendingan cari di website kemudian tanya lewat email atau telepon ,biasanya kalau dbutuhkan biasanya akan segera diterima ….sana tinggal ngedit dan jual,,tapi ya itu isi buku penulis tanggung jawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *