Makhluk-makhluk Dasar laut

Menonton film kiriman dari mas Dhani tentang kehidupan makhluk hidup dasar laut. Makasih mas :). Wah, misterius sekaligus memesona. Mungkin kita bertanya-tanya, apakah ada makhluk yang dapat hidup di dasar laut yang paling dalam?

Seperti kita ketahui palung Mariana adalah palung yang terdalam. Lokasi terdalamnya berada di kerak bumi. Wow, bayangkan. Apakah mungkin ada makhluk hidup yang bisa bertahan di dalam kedalaman seperti itu? Nyatanya ada. Hewan laut tersebut mempunyai bentuk yang aneh. Dan mereka tidak mempunyai mata (mungkin punya tapi karena tidak pernah digunakan maka kemampuannya untuk melihat hilang), karena hidup di tempat yang gelap.

Jika diperhatikan, kebanyakan dari hewan-hewan tersebut memantulkan cahaya dari badannya sendiri. Mirip kunang-kunang ya? Dan tubuh mereka didominasi warna-warna terang.

Sungguh Maha Besar Tuhan Sang Pencipta. Bahkan di tempat yang gelap dan tampak senyap sekalipun warna-warni ceria dan pendar cahaya tidak lenyap ditelan kepekatan. Dan juga riuh 🙂

Ini adalah beberapa foto yang saya capture dari video tentang Ocean Deep.

Ini adalah makhluk hidup yang ada di kedalaman 500 meter di bawah laut.

6 thoughts on “Makhluk-makhluk Dasar laut

  1. Bagian paling menarik menurutku adalah hewan2 yg hidup di sekitar gunung api dasar laut. Normalnya, dalam suhu setinggi itu udang2 disana akan menjadi udang rebus :), tapi kenyataannya mereka bisa bertahan hidup. Makanya sekarang ada cabang biologi baru yg mempelajari hewan2 yg hidup di lingkungan ekstrem. Dari sini kita memperoleh pemahaman kalau di lingkungan yg tidak bersahabat di planet kita, mungkin di planet lain yg kondisinya kita anggap tidak ideal masih mungkin ada bentuk kehidupan yg bisa bertahan.

  2. Iya ya mas. Tapi nyatanya mereka hidup. Kayanya aku pernah baca di lapisan planet mana gitu, ternyata ada makhluk hidup seperti bakteri atau semacamnya. Padahal diperkirakan sebelumnya tidak ada makhluk yang bisa hidup.

  3. Kalau di planet lain itu masih sebatas dugaan mbak. Tapi memang NASA pernah punya pengalaman dari misi Apollo 12 ke Bulan. Misi tsb sengaja didaratkan di lokasi yg berdekatan dg wahana Lunar Surveyor yang sudah terlebih dulu beroperasi di permukaan bulan. Astronot Apollo 12 sempat ‘mempreteli’ beberapa komponen Lunar Surveyor untuk dibawa pulang ke Bumi. Setelah diperiksa oleh ilmuwan di Bumi, ternyata didapati ada bakteri yg melekat pada komponen2 tsb. Tadinya sempat dikira kalau bakteri tsb asli penghuni bulan, tapi kemudian terbukti kalau bakteri tsb terbawa dari Bumi, mungkin berasal dari para petugas yg mempersiapkan wahana tsb sebelum diluncurkan. Tapi fakta kalau bakteri dari Bumi bisa bertahan di permukaan bulan, itu benar2 kenyataan yg mengejutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *