Yang Terlupa – Pengenalan Twitter

Ada yang saya lupa, Home adalah timeline kita yang berisi aktivitas orang/lembaga/media yang kita follow serta diri kita sendiri. Profile, adalah timeline yang seluruhnya berisi aktifitas kita sendiri. Apakah kita mengkomentari status orang, menulis status, dan mem-forwarding (RT) status orang lain.

Tampilan beranda Home

Tampilan beranda Profile

Di beranda Home sendiri, ada beberapa pilihan menu, yaitu: nama akun kita, Direct Messages, Favorites, dan Retweets.

Jika kita pilih menu nama akun kita, maka semua status kita yang dikomentari orang akan muncul di sini. Begitu juga jika ada orang lain menyebut nama kita (biasa diistilahkan dengan mention atau paging, dinotasikan oleh tanda @)

Berikutnya, adalah Direct Messages. Direct messages adalah pesan individu, yang kita kirim dan terima dari orang lain. Tentu saja sebagai sifatnya yang pribadi maka hanya diri kita dan si pengirim surat yang tahu.

Fitur-fitur yang saya jelaskan di atas adalah fitur standar yang sering kita gunakan. Yang lainnya nanti bisa dieksplorasi sendiri.

Selanjutnya, adalah bagaimana mem-follow akun orang lain. Ada beberapa langkah. Berikut ini langkah mem-follow akun orang lain yang sudah Anda ketahui alamat twitternya. Contoh: Anda ingin mem-follow akun Kompas, dengan akun twitter di http://twitter.com/kompasdotcom

1. Masuk ke alamat akun twitter Kompas, di http://twitter.com/kompasdotcom. Perhatikan, di bawah nama akun ada tombol bertuliskan Follow. Klik Follow.

2. Akun yang telah Anda follow akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Anda juga bisa mem-follow akun orang lain dari RT status teman Anda. Seperti juga di facebook, teman yang ada di friend list Anda bisa menjadi teman saya juga. Nah, di twitter pun demikian, Anda bisa mem-follow orang lain melalui pesan forwarding dari teman Anda. Atau melalui timeline dengan hastag tertentu, yang mungkin Anda minati.

1. Pastikan Anda ada di beranda Home.

2. Arahkan mouse ke teks berwarna biru, sampai muncul tanda seperti di bawah ini.

3. Klik tombol Follow untuk mem-follow akun yang bersangkutan.

Nah, mudah kan?

Hmm… apa lagi ya? Hehe, beginilah akibatnya kalau menulis loncat-loncat. Tak runut sama sekali. Tapi, mudah-mudahan masih bisa diikuti ya. Kalau ada yang kurang, sisipkan di komentar saja ya. Jika saya bisa menjawabnya, akan saya lampirkan sebagai tambahan tulisan.

3 thoughts on “Yang Terlupa – Pengenalan Twitter

  1. Pingback: Belajar Tiada Henti Β» Blog Archive Β» Yang Terlupa – Pengenalan Twitter - Twitter Mania

  2. wah ibu ngetweets juga neeh πŸ˜€

    #kaget pas masuk dasbor admin blog ko ada backlink dari blog ibu ini, ternyata urlnya di rubah ke blogsy yang dot net *hehe* makasih bu πŸ˜€

  3. Iya :), tapi jarang update status. Twitter saya pakai untuk baca-baca info, sesekali ikutan komen juga sih tapi jarang :). Sama-sama, ternyata komentar dari Adhie masuk spam semua, untung tadi terselamatkan πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *